Rusun ASN di IKN Gunakan Sistem Hybrid, Pembangunan Lebih Cepat

Nadya Zahira
14 Juni 2023, 08:43
IKN, asn, rusun
Sekretariat Presiden/Youtube
Ilustrasi ibu kota baru

 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggunakan sistem hybrid dalam proses pembangunan rumah susun untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN)  di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto mengatakan, sebanyak 47 tower hunian ASN dan Hankam akan dibangun di IKN. Saat ini, Ditjen Perumahan  tengah melaksanakan proses lelang rusun tersebut.

Iwan menjelaskan, pembangunan 47 tower hunian ASN dan Hankam tersebut akan menggunakan sistem hybrid yaitu dengan kombinasi sistem volumetrik dan baja konvensional. Kontruksi baja konvensional digunakan untuk tangga darurat, core lift, koridor dan podium. 

Sedangkan modul volumetrik dipasang menggunakan crane dan ditumpuk di atas podium serta ditambahkan fasad di bagian luar.  Sistem hybrid diharapkan bisa memperpendek waktu pembangunan hunian vertikal, membuat hunian lebih nyaman sekaligus ramah lingkungan.

"Kami ingin para ASN dan Hankam yang pindah ke IKN nantinya bisa tinggal di hunian yang nyaman sehingga semangat dalam bekerja melayani masyarakat," kata Iwan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR, Jakarta, Selasa (13/6).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...