BMW hingga Wuling Pinjamkan Ratusan Mobil Listrik untuk KTT ASEAN 2023

Happy Fajrian
3 September 2023, 09:45
mobil listrik, ktt asean 2023, asean summit 2023
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc
Sejumlah kendaraan listrik delegasi KTT ASEAN terparkir di area Parkir Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Ratusan mobil listrik akan disiapkan sebagai moda transportasi utama yang akan melayani para delegasi KTT ASEAN ke-43 tahun 2023 di Jakarta Convention Center, 5-7 September 2023.

Empat produsen mobil nasional yakni PT BMW Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), PT Toyota Astra Motor (TAM), dan Wuling Motors berkolaborasi meminjamkan unit mobil listrik mereka untuk digunakan sebagai armada operasional dalam KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Keterlibatan produsen otomotif nasional pada KTT ASEAN ke-43 2023 adalah yang ketiga kalinya setelah sebelumnya pada KTT ke-42 ASEAN 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat pada 9-11 Mei 2023, dan KTT G-20 di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022.

BMW Indonesia pun telah menyerahkan sebanyak 36 unit produk terbaru mereka, BMW i7 xDrive60 Grand Lusso kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Penyerahan dilakukan Senior Vice President Sales Region Asia-Pacific, Eastern Europe, Middle East, and Africa, Jean-Philippe Parain di Jakarta, 6 Juni 2023 lalu,” kata Corporate Communications Department BMW Indonesia Jodie O'tania saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (2/9).

Seluruh unit mobil yang memerlukan waktu hanya 34 menit untuk pengisian daya baterai sampai 80% tersebut, telah berada di kawasan Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, sebagai lokasi utama KTT ke-43 ASEAN 2023.

Jodie menyebutkan jika pihaknya juga telah memberikan pelatihan kepada prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang akan mengemudikan mobil-mobil buatan produsen asal Jerman tersebut.

“Kami memberikan semacam pelatihan khusus kepada pihak Paspampres bagaimana cara mengendarainya. Termasuk mempelajari fitur-fitur khusus yang disematkan di BMW i7,” kata Jodie.

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...