RI dan Thailand Dinilai Paling Siap Adopsi Mobil Listrik di ASEAN

Muhamad Fajar Riyandanu
2 September 2023, 21:46
mobil listrik, asean, thailand
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.
Petugas memeriksa kendaraan listrik yang akan digunakan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di area Parkir Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Perusahaan modal ventura, East Venture, menilai Indonesia dan Thailand sebagai dua negara di Asia Tenggara yang paling siap mengadopsi tren kendaraan listrik.

Penilaian itu berangkat dari ketersedian teknologi, ketersediaan regulasi insentif dan stimulus perpajakan hingga kesiapan fasilitas pendukung berupa stasiun pengisian kendaraan listrik.

Operating Partner East Venture, David Fernando Audy, mengatakan Indonesia dan Thailand dapat menjadi pusat produksi dan rantai bisnis kendaraan listrik globa. Namun hal tersebut bisa terjadi jika kedua negara sepakat untuk menjalin kerja sama.

Menurutnya, Indonesia punya modal sumber daya bijih nikel melimpah sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik. Adapun Thailand terkenal sebagai negara dengan pangsa penjualan kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara.

Lembaga riset Counterpoint melaporkan Thailand sebagai pasar kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara. Negeri Gajah Putih memiliki pangsa 78,7% dari total penjualan kendaraan listrik berbasis baterai di kawasan Asia Tenggara.

"Jadi Indonesia bisa lebih fokus pada produk baterai dan kemudian mereka bisa terhubung ke Thaliand untuk memproduksi kendaraan listriknya," kata Audy saat menjadi pembicara di ASEAN BAC Indonesia’s Summit Week 2023 di Hotel Sultan Jakarta pada Sabtu (2/9).

Kolaborasi Indonesia dan Thailand dalam pengembangan kendaraan listrik di Asia Tenggara dapat memenuhi ceruk pasar di Asia Tenggara. Peluang monetisasi itu terlihat dari porsi penggunaan mobil listrik yang baru menyentuh 3% dari seluruh populasi mobil di Asia Tenggara.

"Jika kita berkolaborasi maka kita dapat menjadi pusat pertumbuhan kendaraan listrik global, " ujar Audy.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...