10 Juta Petani Ditargetkan Ikut Meta Farming, Bertani dengan Metaverse

Andi M. Arief
11 September 2023, 13:34
Gerakan Maju Tani Paparkan Konsep Meta Farming Kepada Ketua Umum HKTI
Katadata

Inisiator Gerakan Maju Tani, Erwin Gunawan, memperkenalkan Meta Farming kepada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kantor KSP hari ini, Senin (11/9). Secara sederhana, Meta Farming adalah kegiatan bertani dengan menggunakan teknologi Metaverse.

Erwin menjelaskan para pemilik tanah di Metaverse dapat menawarkan lahannya untuk digarap oleh masyarakat. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kampanye peningkatan petani generasi muda di dalam negeri.

"Harapan kami pada 2024 kami bisa on boarding 10 juta petani untuk masuk ke program Meta Farming," kata Erwin di Gedung Bina Graha, Senin (11/9).

Erwin mencatat 70% dari total petani di dalam negeri telah berumur lebih dari 65 tahun. Artinya, keterlibatan generasi muda di bidang pertanian semakin berkurang.

Erwin menyampaikan kondisi tersebut diperburuk dengan 50% lahan pertanian di dunia sudah tidak bisa dipakai untuk pertanian. Menurutnya, perbaikan tanah tersebut hanya dapat dilakukan secara alami dan membutuhkan waktu yang lama.

Dengan demikian, modal untuk memulai sebuah pertanian pun semakin besar, khususnya bagi generasi muda. Di samping itu, Erwin menyatakan industri pertanian merupakan industri yang kompleks yang dimulai dari pencarian modal hingga penjualan.

"Kami mengenalkan Gerakan Maju Tani Indonesia untuk menginspirasi, tapi dengan cara yang berbeda. Jadi, kami benar-benar memakai teknologi inovasi untuk pertanian," kata Erwin.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...