Indeks Harga Beras Agustus Cetak Rekor Tertinggi dalam 15 Tahun

Tia Dwitiani Komalasari
11 September 2023, 12:23
Warga memotong jerami untuk pakan ternak di persawahan yang mengering di Krincing, Secang, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (22/8/2023). Petani setempat mengaku mengalami gagal panen padi akibat kekurangan pasokan air dampak dari musim kemarau yang terjadi s
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom.
Warga memotong jerami untuk pakan ternak di persawahan yang mengering di Krincing, Secang, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (22/8/2023). Petani setempat mengaku mengalami gagal panen padi akibat kekurangan pasokan air dampak dari musim kemarau yang terjadi sejak dua bulan terakhir.

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) mencatat Indeks Harga Beras mencapai 121, 4 poin pada Agustus 2023, turun 2,6 poin atau 2,1 persen dari Juli. Sebaliknya, harga indeks harga beras dunia naik hingga 9,8 persen dibandingkan bulan lalu.

Hal itu menjadikan indeks harga beras dunia mencapai titik tertinggi dalam 15 tahun. Dalam laporannya, FAO menyatakan bahwa indeks harga beras yang meroket mencerminkan gangguan perdagangan yang terjadi setelah India melarang ekspor beras putih Indica pada bulan Juli.

Pembatasan ekspor tersebut menyebabkan ketersediaan beras secara musiman menjelang panen raya menjadi terbatas. Apalagi India belum memastikan durasi larangan ekspor beras tersebut sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa pembatasan ekspor akan diperluas ke jenis beras lainnya.

"Ini menyebabkan pelaku rantai pasokan menahan stok, menegosiasikan ulang kontrak, atau berhenti menentukan harga penawaran, sehingga membatasi sebagian besar perdagangan pada volume kecil atau penjualan yang telah diselesaikan sebelumnya, tulis laporan FAO dikutp dari situs resminya, Senin (11/9).

Kenaikan harga beras tersebut terjadi di tengah penurunan indeks harga pangan secara umum dan indeks harga sereal lainnya. FAO mencatat Indeks Harga Sereal FAO rata-rata mencapai 125,0 poin pada bulan Agustus, turun 0,9 poin (0,7 persen) dari bulan Juli dan 20,6 poin (14,1 persen) di bawah nilainya tahun lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...