Penerbangan Bandara Husein Pindah ke Kertajati Mulai 29 Oktober

Andi M. Arief
15 September 2023, 17:46
Kereta wisata melintas di sekitar Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat, Minggu (8/11/2020).
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.
Kereta wisata melintas di sekitar Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat, Minggu (8/11/2020).

Bandara Kertajati akan beroperasi penuh mulai 29 Oktober 2023. Dengan demikian, Kementerian Perhubungan akan memindahkan hampir seluruh rute  penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Kertajati.

Direktur Angkutan Udara Kemenhub Putu Eka Cahyadhi mengatakan Kemenhub sudah menyiapkan pemindahan penerbangan berjadwal dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati tersebut. Penerbangan yang digeser terutama pesawat jet yang memiliki jadwal reguler.

"Jadi penerbangan berjadwal ke Bandung berakhir pada 28 Oktober," kata Putu di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (15/9).

 Untuk menarik minat masyarakat, Kementerian Perhubungan akan memberikan diskon hingga 20% terhadap tarif bus dan shuttle yang menuju Bandara Internasional Kertajati. Promo diskon tarif tersebut hanya akan berlaku hingga akhir tahun 2023.

"Tentu ini akan menjadi insentif ke masyarakat, tapi polanya tidak sama. Kalau insentif sebelumnya ada komitmen subsidi, kalau ini hanya diberikan diskon tarif," kata Putu.

Diskon Tidak Menggunakan Anggaran Negara

Kasubdit Angkutan Multimoda dan Antarmoda Kemenhub Iman Sukandar menjelaskan diskon tarif tersebut tidak menggunakan anggaran negara. Sebab, program tersebut merupakan kesepakatan antar perusahaan transportasi dalam rangka mendukung pengoperasian Bandara Kertajati.

Iman mencatat kebanyakan perusahaan transportasi yang memberikan diskon tarif tersebut berasal dari Bandung. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan proyeksi pergerakan terbesar ke Bandara Kertajati, yakni dari Kota Kembang.

Setelah Bandung, Iman menyampaikan kota selanjutnya dengan proyeksi pergerakan besar ke Bandara Kertajati adalah Cirebon. Oleh karena itu, ada tiga perusahaan transportasi yang melayani trayek Cirebon-Kertajati.

Selain kedua kota tersebut, Iman menilai pergerakan dari daerah lain yang memberikan diskon tarif tidak begitu besar. "Namun tetap kami siapkan di kota-kota lain, bahkan sampai ke Banjar dan Pangandaran," ujarnya.

Iman memaparkan ada 10 perusahaan transportasi yang akan memberikan tarif diskon tersebut. Berikut tarif yang akan dikenakan perusahaan transportasi tersebut setelah mengenakan diskon:

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...