Daftar Rute dan Maskapai yang Beroperasi di Bandara Kertajati

Andi M. Arief
16 September 2023, 07:20
Pesawat Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Joko Widodo dan rombongan disambut prosesi water salute (penyiraman air) sebagai bagian dari Historical flight saat mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Pesawat Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Joko Widodo dan rombongan disambut prosesi water salute (penyiraman air) sebagai bagian dari Historical flight saat mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5).

Kementerian Perhubungan menyatakan terdapat sejumlah maskapai penerbangan yang akan beroperasi di Bandara Kertajati dalam waktu dekat. Bandara Kertajati akan melayani penerbangan domestik dan internasional.

Sejak mei 2023, AirAsia sudah mengoperasikan rute internasional dari Bandara Kertajati ke Kuala Lumpur, Malaysia, Direktur Angkutan Udara Kemenhub, Putu Eka Cahyadi, mengatakan frekuensi penerbangan di rute yang sama akan bertambah karena pihaknya sudah memberikan izin pada Malaysia Airlines untuk membuka rute yang sama mulai Oktober 2023.

Dengan demikian, Bandara Kertajati akan melayani penerbangan internasional selama empat hari dalam seminggu. "Mudah-mudahan sisa tiga hari lainnya ada yang melengkapi. Jadi tiap hari ada penerbangan internasional. Ini masih kami usulkan," kata Putu di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (15/9).

Dia mengatakan, Super Air Jet juga berencana untuk mengoperasikan rute Bandara Kertajati-Kuala Lumpur. Ia mengaku masih melihat potensi untuk mengisi rute internasional menuju Singapura dan Thailand.

Pada penerbangan domestik, Super Air Jet langsung tancap gas dengan membuka tujuh rute dalam negeri. Rute tersebut adalah dari Bandara Kertajati menuju Medan, Batam, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Denpasar.

Rute domestik lainnya akan dilayani oleh Air Asia yaitu Kertajati - Denpasar. Sedangkan Citilink akan melayani rute Bandara Kertajati ke Balikpapan dan Denpasar.

"Dari sisi perencanaan sudah ada rencana penambahan rute Lombok-Kertajati. Selain itu ada rute-rute di Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan yang kami sasar, jadi sudah ada rencana penambahan rute seiring dengan pemulihan jumlah armada pesawat," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...