Masalah 'Telur-Ayam' Kendaraan Listrik, Ini Kata Hyundai dan Wuling

Happy Fajrian
26 September 2023, 19:40
kendaraan listrik, spklu, wuling, hyundai,
Katadata/Moh Zaenal Affani
Katadata SAFE 2023 membahas Building a Sustainable Ecosystem for EV Production dengan pembicara Dian Asmahani - Marketing Director Wuling Motors Indonesia, Hendi Priyo Santoso - President Director Mining Industry Indonesia (MIND ID) dan Roy A. Arfandy - President Director Harita Nickel, Selasa (26/9).

Infrastruktur penunjang ekosistem kendaraan listrik, terutama keberadaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dinilai bukan syarat utama untuk mendorong penggunaan kendaraan bebas emisi.

Marketing Director Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani mengatakan bahwa hubungan charging station dengan kendaraan listrik layaknya ayam dengan telur, dalam artian, apakah charging station harus ada terlebih dahulu agar pengguna kendaraan listrik bertambah, atau sebaliknya.

Menurutnya, belum masifnya infrastruktur SPKLU di Indonesia menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat merasa takut kehabisan daya saat di perjalanan. Namun berdasarkan survei yang Wuling lakukan, 80% pengguna kendaraan listrik mengisi daya di rumah dengan home charging.

“Kalau dibilang penghalang, ya itu salah satu deal breaker buat konsumen untuk beralih ke EV (electric vehicle). Tapi pada saat mereka sudah membeli, sebenarnya 80% nge-charge-nya di rumah,” ujarnya dalam acara Katadata Sustainable Action for Future Economy (SAFE) 2023 di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9).

Dia menambahkan bahwa keberadaan SPKLU memang membuat orang merasa lebih aman menggunakan kendaraan listrik, terutam ketika mereka kehabisan baterai saat di perjalanan. Namun menurutnya dalam hal ini masyarakat hanya memikirkan worst case penggunaan kendaraan listrik.

Meski begitu, Dian menilai infrastruktur SPKLU sudah cukup banyak di Indonesia. Sehingga ada faktor lain yang membuat penetrasi kendaraan listrik di Indonesia masih rendah, salah satunya yaitu terkait keamanan baterai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...