Mendag Zulhas akan Bakar Pakaian Bekas Senilai Rp 40 M Pekan Ini

Andi M. Arief
10 Oktober 2023, 17:28
zulkifli hasan, pakaian bekas impor, impor pakaian bekas
Katadata/Andi M. Arief
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut akan membakar pakaian bekas impor senilai Rp 40 miliar pekan ini saat mengunjungi pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas pada Selasa (10/10).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berencana membakar pakaian bekas impor akhir pekan ini, Jumat (13/10). Politisi PAN yang biasa dipanggil Zulhas ini mengatakan, pembakaran terhadap produk tersebut penting untuk melindungi pasar garmen domestik.

Zulhas mengatakan pakaian bekas tersebut merupakan salah satu impor ilegal yang berhasil masuk ke dalam negeri dan tertangkap Bea Cukai. Ia menyebut impor tekstil ilegal yang masuk telah mengambil 30% pangsa pasar industri tekstil.

"Ini akan kami tindak, karena kalau pakaian bekas impor dijual sekitar Rp 5.000 per unit di pasar domestik, mati dong pedagang tekstil lokal. Itu sampah negara lain yang ditaruh di sini," kata Zulhas di ITC Cempaka Mas, Selasa (10/10).

Zulhas menyampaikan total nilai pakaian bekas yang akan dibakar akhir pekan ini mencapai Rp 40 miliar. Namun, ia belum menjelaskan lebih jauh lokasi pembakaran tersebut.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif menyayangkan pelaksanaan lelang tekstil dan produk tekstil (TPT) impor yang dikategorikan sebagai Barang yang Menjadi Milik Negara (BMMN). Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, melalui Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok melelang produk TPT impor.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...