Pemerintah Targetkan Produksi Beras Capai 35 Juta Ton Tahun Depan

Andi M. Arief
20 Oktober 2023, 16:21
produksi, beras, harga beras
ANTARA FOTO/Yudi/YU
Ilustrasi. Produksi beras Badan Pangan Nasional diperkirakan mencapai 30,83 juta ton pada tahun ini.

Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi menargetkan total produksi beras mencapai 35 juta ton pada tahun depan. Target ini naik 13,63% dari proyeksi produksi beras Badan Pangan Nasional tahun ini sejumlah 30,83 juta ton.

Arief mengatakan strategi yang akan diterapkan untuk mencapai target tersebut adalah mempercepat musim tanam satutahun depan. Oleh karena itu, Arief telah mempersiapkan benih unggul, pupuk, dan penyuluh.  

"Saya minta tolong sebulan ini kita mempersiapkan semuanya sehingga minggu depan tidak ada lagi keluhan petani mengenai benih dan pupuk karena tugas kita semua mempersiapkannya dengan baik," kata Arief dalam keterangan resmi, Jumat (20/10).

Ia menjelaskan, telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat guna memastikan kesiapan irigasi. Target produksi beras naik 4 juta ton pada tahun depan dibandingkan target tahun ini yang mencapai 31 juta ton. 

Arief telah menginstruksikan bawahannya untuk menjalankan penambahan lahan panen seluas 500.000 hektare berjalan sebaik mungkin. Ia menilai, target teranyar produksi beras tersebut dapat tercapai bila semua pihak kompak.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi mengatakan, sedang melakukan konsolidasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Salah satu agenda konsolidasi tersebut adalah pemetaan lahan tidur yang belum tergarap maksimal.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...