Kementan Ajak Swasta Bangun Pabrik Gula Rp 3 T di Food Estate Merauke

Muhamad Fajar Riyandanu
20 November 2023, 19:35
Pabrik gula
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/hp.
Foto udara sejumlah truk pengangkut tebu antri saat giling tebu perdana di Pabrik Gula

Kementerian Pertanian berencana membangun pabrik gula di daerah food estate Merauke, Papua. Langkah tersebut merupakan tindak lanjut rencana pemerintah untuk menjadikan kawasan food estate Merauke menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK).

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan kementerian bakal menggandeng Badan Usaha Milik Negara dan swasta dalam pembangunan pabrik gula yang ditaksir mencapai Rp 2,5 sampai Rp 3 triliun. "Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa mulai pembangunannya," kata Amran di Kantor KSP Jakarta pada Senin (20/11).

Menurut Amran, kerja sama pembangunan pabrik dengan pihak swasta dinilai efektif untuk menekan modal pemerintah sekaligus mampu mengerek produksi gula domestik. Amran menyebut sejauh ini sudah ada 10 pabrik gula yang dibangun lewat kerja sama pemerintah dan swasta. Satu di antaranya adalah pabrik gula Bombana di Sulawesi Tenggara milik PT Johnlin Batu Mandiri (JBM).

"Dulu kami bangun 10 pabrik gula dari swasta, semua sekarang sudah giling di Bombana, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Barat. Kemudian di Palembang kalau tidak salah ada pabrik gula di rawa pertama di dunia," ujar Amran.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menjadikan food estate di Merauke, Papua sebagai KEK. Wacana tersebut merupakan salah satu poin pembahasan dalam rapat internal antara Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Istana Merdeka, pada Selasa (10/10).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian sekaligus Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi. Airlangga mengatakan perubahan status food estate Merauke menjadi KEK bakal memusatkan produksi pada komoditas pangan padi dan tebu. KEK Merauke bakal berdiri di tanah seluas 2 juta hektare dengan lahan garapan awal seluas 200 ribu hektare.

"Kami belum bicara produksi, pemerintah berkonsentrasi pada tanaman padi dan tebu," kata Airlangga kepada wartawan usai rapat tersebut.

Dia melanjutkan, pemerintah bakal menggandeng pihak swasta untuk pengembangan KEK Merauke lewat skema pendanaan public private partnership (PPP). PPP merupakan bentuk perjanjian jangka panjang antara pemerintah, baik pusat ataupun daerah, dengan mitra swasta.

Airlangga berharap revisi status food estate Merauke menjadi KEK bisa dieksekusi dengan cepat seiring program food estate yang pernah berjalan. Program food estate Merauke merupakan usaha Indonesia untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam jangka menengah maupun panjang. Program tersebut terwujud dalam proyek Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2010.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...