Cerita Mereka Boikot Produk Israel: Ganti Air Isi Ulang, Jajanan Lokal

Agustiyanti
27 November 2023, 12:45
israel, palestina, produk
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/Spt.
Warga membawa poster dan spanduk saat aksi bela Palestina di Alun Alun Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (19/11/2023). Aksi gabungan dari berbagai komunitas tersebut selain untuk menggalang dana, juga bentuk pembelaan dan kepedulian terhadap Palestina yang mengalami penderitaan akibat serangan militer Israel serta mendukung kemerdekaan mutlak bagi Palestina.

Sudah hampir dua bulan terakhir Faris, 35 tahun dan keluarganya mengganti air minum dalam galon mereka dengan isi ulang. Padahal dalam satu pekan, ia dan keluarganya biasanya membeli tujuh galon Aqua untuk minum sehari-hari. 

"Yang paling otomatis berubah di rumah itu air galon, sekarang ganti isi ulang. Makan di  MCD juga sudah enggak," ujar Faris kepada Katadata.co.id, akhir pekan lalu. 

Advertisement

Ia berpartisipasi dalam aksi boikot yang dipopulerkan melalui gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS). Gerakan ini sudah dimulai sejak 2005 dan ramai kembali di serukan di tengah perang Israel dan Hammas yang kembali menewaskan belasan ribu warga sipil Palestina. 

Dalam situs BDS Movement, merek menyerukan dukungan untuk Palestina dengan memboikot produk-produk yang dianggap menndukung aksi Israel. Beberapa, di antaranya yakni AXA, HP, Carrefour, Siemens, Puma, Domino’s, Starbucks, MCD, Burger King, dan Pizza Hut. 

Danone sendiri tak masuk dalam daftar perusahaan yang perlu diboikot dalam situs maupun media sosial DBS. Namun demikian, tagar boikot Danone, #TolakDanoneAqua sempat menjadi topik terpopuler di platform X yang sebelumnya bernama Twitter karena dianggap terafiliasi dengan Israel. 

Sanggahan pun telah disampaikan oleh pihak Danone. Corporate Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin menegaskan bahwa Danone adalah perusahaan publik yang beroperasi di 120 negara.Danone  juga tidak memiliki pabrik atau beroperasi di Israel, serta tidak memiliki afiliasi politik dengan pihak manapun. 

Meski sudah membuat klarifikasi, aksi boikot terhadap produk air mineral ini masih dilakukan sebagian masyarakat, termasuk Faris.

Faris memiliki memboikot produk-produk perusahaan yang secara terang-terangan maupun tidak berdonasi ke Israel. Ia tidak ingin uang yang dia gunakan untuk membeli produk tersebut pada akhirnya digunakan oleh Israel sebagai sumber dana untuk berperang di Gaza, Palestina. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement