Jelang Nataru, Hutama Karya Antisipasi Kemacetan di Tol Trans Sumatera

Image title
Oleh Antara
28 November 2023, 16:51
hutama karya, jalan tol trans sumatera (JTTS)
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/Spt.
Kendaraan melintas di kilometer 11 Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Lubuklinggau-Bengkulu seksi I Bengkulu-Taba Penanjung di Kota Bengkulu, Bengkulu, Senin (30/10/2023).

PT Hutama Karya (Persero) menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kemacetan di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2023/2024.

Lonjakan lalu lintas di tol tersebut diperkirakan naik 24% dibandingkan saat lalu lintas normal. Angkanya dari 990 ribu kendaraan menjadi 1,23 juta kendaraan.

Puncak arus mudik akan dimulai dua hari (H-2) sebelum perayaan Natal, yaitu 23 Desember 2023. Untuk arus balik diperkirakan pada 30 Desember 2023. 

Hutama Karya telah menyiapkan 64 unit mobile reader dan top-up untuk mempercepat transaksi pembayaran tol. Perusahaan juga menerapkan sistem holding di tempat peristirahatan (rest area) di Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) dan Permai apabila lalu lintas semakin padat. 

Selain itu, Hutama Karya juga menyiagakan 2.576 personil dan 289 unit armada siaga. Untuk rest area, perusahaan menyiapkan fasilitas lengkap. "Seperti tempat makan dengan tenant beragam, toilet bersih, bengkesl, dan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM)," kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, Selasa (28/11). 

Terdapat sembilan rest area permanen di Jalan Tol Terpeka dengan kapasitas daya tampung 1.352 kendaraan. Lalu, enam rest area sementara di Tol Pekanbaru - Dumai dan dua di Tol Indralaya - Prabumulih dengan kapasitas daya tampung masing-masing 345 kendaraan.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...