Tol Trans Sumatera - Jambi Tidak Tuntas 2024, Hanya Sampai Tahap Dua

Tia Dwitiani Komalasari
14 Juli 2023, 11:50
Guna mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik kendaraan selama libur Lebaran Tahun 2023, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif/gratis. Terdapat 2 (dua) ruas gate to gate yang
PT Hutama Marga Waskita
Guna mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik kendaraan selama libur Lebaran Tahun 2023, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif/gratis. Terdapat 2 (dua) ruas gate to gate yang nantinya dibuka dan dapat dilalui oleh kendaraan, yaitu Gate Tebing Tinggi – Gate Inderapura sepanjang 28,5 km dan Gate Dolok Merawan – Gate Sinaksak sepanjang 15,6 km, (12/4/2023).

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan ruas utama Tol Trans Sumatera -Jambi tersambung pada akhir 2024. Tahap 1 dan 2 pembangunan Tol Trans Sumatera -Jambi dapat diselesaikan hingga akhir 2024.

Namun demikian, proses pembangunan tol tahap 3 dan 4 akan dilanjutkan pemerintahan setelah Joko Widodo. Pasalnya, periode kepemimpinan Joko Widodo berakhir 2024.

"Kalau tahap 1 dan 2 ke Jambi itu sampai 2024 akhir, yang ketiga dan keempat itu pemerintahan baru," ujar Kartika usai penandatanganan transaksi investasi PT Hutama Karya dan INA di Jakarta, Kamis (13/7).

Kartika mengatakan, ruas utama yang menjadi prioritas adalah Pekan Baru ke Medan. Selain itu, akan ada beberapa jalan tol sayap di Padang.

PT Hutama Karya atau HK (Persero) masih terus ditugaskan untuk membangun ruas Betung-Jambi. Kartika berharap hal ini dapat diselesaikan sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo pada akhir 2024.

"Jadi harapannya Pak Presiden, nanti akhir 2024 bisa tulangnya itu, dari Bakauheni sampai Jambi," kata Kartiko.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...