Pelita Air Buka Penerbangan Non-Stop Jakarta-Sorong, Ini Jadwalnya

Sorta Tobing
6 Desember 2023, 15:52
Rute baru Pelita Air
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Rute baru Pelita Air.

Pelita Air menambah rute penerbangan langsung. Kali ini untuk penerbangan dari Jakarta ke Sorong. Ini adalah destinasi penerbangan ke-10 maskapai penerbangan pelat merah tersebut.

Direktur Utama PT Pelita Air Service mengatakan rute tersebut dapat mendukung pertumbuhan konektivitas wilayah Indonesia Timur. "Dan merupakan bagian dari komitmen kami mendukung pariwisata Indonesia," katanya dalam siaran pers, Rabu (6/12).

Karena itu, Pelita Air tidak hanya fokus pada konektivitas tapi juga memperkuat pertumbuhan industri pariwisata di bagian timur Indonesia. Apalagi, Sorong memiliki potensi keindahan alam laut. 

Acara seremoni peluncuran rute baru ini dilakukan di Bandar Udara Domine Eduard Osok (SOQ).  Dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau Silver Class, Pelita Air mengoperasikan layanan penerbangan reguler rute Jakarta–Sorong–Jakarta setiap hari.

Jadwal keberangkatan Jakarta-Sorong pukul 00.50 WIB dan tiba pukul 06.50 WIT. Untuk rute keberangkatan Sorong-Jakarta pada pukul 07.40 WIT dan tiba 09.35 WIB dalam frekuensi satu kali per hari penerbangan.

Sebelumnya, Pelita Air menambah armada baru jenis Airbus A320. Untuk tahun ini, perusahaan memesan 11 armada untuk menambah frekuensi penerbangan dan rute-rute penerbangan yang baru.

Tingginya animo masyarakat terhadap Pelita Air tercermin dari tingkat keterisian kursi (seat load factor) penerbangan pada kuartal III 2023 ini. Angka rata-ratanya mencapai 83%.

Pelita Air yang merupakan bagian dari entitas anak usaha PT Pertamina (Persero). Mengusung tagline #MakinNyamanTerbang, kehadiran maskapai ini diharapkan dapat memberikan alternatif pilihan penerbangan yang nyaman dan aman bagi penumpang. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...