Menhub Resmikan Skybridge Stasiun Bojongggede, Ini Penampakannya

Tia Dwitiani Komalasari
9 Desember 2023, 14:00
Skybridge Bojonggede
Kementerian Perhubungan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Layang, yang menghubungkan Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Bojonggede dengan Terminal Tipe C di Kabupaten Bogor.

Jembatan ini memiliki panjang 243 meter dan lebar 3 meter ini dan dibangun dengan dana Rp 18,33 miliar menggunakan APBN, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor yang membantu pembebasan lahan. Pembangunannya dilakukan mulai tahun 2022 sampai dengan  2023

Budi mengatakan, kehadiran jembatan ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses transportasi massal. Apalagi pengguna KRL di Bojonggede jumlahnya sangat masif, melayani sekitar 70 ribu lebih penumpang per harinya.

Stasiun Bojonggede merupakan stasiun komuter terpadat ke-4 di Jabodetabek, setelah Stasiun Tanah Abang, Stasiun Bogor, dan Stasiun Bekasi.

“Kehadiran jembatan ini membuat perjalanan lebih tertib dan nyaman. Kita harapkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal di daerah Bojonggede dan sekitarnya semakin meningkat,” ujarnya dikutip dalam keterangan tertulis.

Skybridge Bojonggede
Skybridge Bojonggede (Katadata)

Bangun TOD dan Halte

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Suharto, mengatakan akan terus berkolaborasi dengan Pemkab Bogor untuk mengembangkan Skybridge dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) atau Kawasan Berorientasi Transit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...