Cuaca Panas Terik, Petani Proyeksi Harga Cabai Akan Turun saat Nataru

Andi M. Arief
19 Desember 2023, 17:02
harga cabai, cabai
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.
Pedagang menata cabai merah di salah satu lapak di Pasar Tradisional Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Asosiasi Champion Cabai Indonesia (ACCI) memproyeksi harga cabai akan turun saat periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 alias Nataru. Perkiraan ini dapat terealisasi jika cuaca di daerah produsen tetap kering seperti sekarang.

"Ini sudah dua minggu tidak hujan dan sangat panas di sentra-sentra produksi cabai. Ini yang membantu stabilitas harga," kata Ketua ACCI Tunov Mondro Atmojo kepada Katadata.co.id, Selasa (19/12).

Harga cabai akan terus turun selama cuaca panas di daerah produsen cabai berlanjut, khususnya di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sebab, Tunov menyebut, luas areal panen bertambah hingga 20% di kedua provinsi tersebut dibandingkan musim panen sebelumnya akibat cuaca kering saat ini.

Badan Pangan Nasional atau Bapanas mendata harga semua jenis cabai mulai terkoreksi pada 10 Desember 2023. Secara rinci, rata-rata nasional harga cabai rawit merah telah susut Rp 7.400  per kilogram atau 8,16% selama sembilan hari terakhir menjadi Rp 83.710 per kg hari ini. Harga cabai merah keriting telah turun Rp 11.500 menjadi Rp 61.940 per kg.

Selain cuaca, Tunov mengatakan ACCI bekerja sama dengan Kementerian Pertanian menjual cabai dengan harga petani di pasar induk sejak pertengahan Oktober 2023. Strategi tersebut sedikit berubah pada bulan ini dengan menjual langsung ke pasar tani di enam provinsi.

Keenam provinsi itu adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan. Kerja sama dengan pemerintah ini telah memotong rantai distribusi cabai menjadi langsung dari kebun ke pasar.

Tunov mengatakan harga cabai rawit merah di pasar induk enam provinsi tersebut sama dengan petani atau Rp 58 ribu per kg. Sedangkan cabai merah keriting hanya dilego sekitar Rp 35 ribu per kg.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...