Hotel di Malang, Yogya, dan Bandung Paling Laris saat Libur Natal

Andi M. Arief
28 Desember 2023, 13:38
okopansi hotel, hotel, malang, bandung, yogya
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Petugas membersihkan salah satu sudut di De Braga Artotel Bandung, Jawa Barat. PHRI memperkirakan okupansi hotel meningkat hingga di atas 50% secara nasional pada libur Natal 2023.

Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI mencatat, tingkat hunian atau okupansi hotel secara nasional naik sejak 15 Desember 2023. Tingkat okupansi hotel yang tinggi terutama terjadi di beberapa kota besar di Jawa, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Malang.

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran mengatakan rata-rata nasional okupansi hotel pada 23-25 Desember mencapai di atas 50%. Adapun rata-rata nasional okupansi hotel beberapa hari sebelum musim liburan Natal 2023 adalah 48%.

"Okupansi selama liburan Natal 2023 di satu daerah bisa dikatakan sampai 90%. Kalau tingkat nasional, okupansi hotel mungkin antara 50% sampai 60%," kata Maulana kepada Katadata.co.id, Kamis (28/12).

Maulana menyinggung beberapa lokasi dengan tingkat okupansi hotel yang tinggi, seperti Kota Batu, Kota Malang, Kota Yogyakarta, dan Kota Bandung. Menurutnya, peningkatan okupansi pada Natal tahun ini sesuai dengan prediksi.

Ia pun berharap musim libur Tahun Baru 2024 dapat menambah masa okupansi tinggi hotel secara nasional. Maulana, menargetkan musim liburan Nataru 2023/2024 dapat membuahkan tingkat okupansi tinggi hingga sepekan.

"Harusnya setidaknya bisa mencapai enam hari. Kami tidak punya data lama tinggal para wisatawan, tapi yang kami ambil berapa hari okupansi tinggi terjadi," ujarnya.

Meski demikian, ia  sebelumnya memperkirakan, industri perhotelan baru akan sepenuhnya pulih pada 2025. Walaupun okupansi telah tinggi, Maulana menjelaskan, kenaikan okupansi belum diikuti dengan perbaikan harga sewa kamar.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...