Komisi VII DPR akan Panggil PT ITSS Soal Ledakan Smelter Morowali

Mela Syaharani
9 Januari 2024, 15:17
smelter, smelter morowali, pt itss, smelter nikel
Dokumentasi PT IMIP
Situasi bagian pabrik PT ITSS setelah tungku smelter No. 41 yang terbakar pada Minggu (24/12) pukul 05.30 WITA berhasil dipadamkan oleh Tim Pemadam Kebakaran.
Button AI Summarize

Komisi VII DPR akan memanggil PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) sebagai tindak lanjut dari peristiwa ledakan tungku smelter di Morowali pada Desember lalu. Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno mengatakan pemanggilan akan dijadwalkan pada bulan ini.

“Kami akan masuk masa sidang pada tanggal 16 Januari nanti, setelah tanggal 16 akan di jadwalkan pemanggilan,” kata Eddy saat ditemui di Jakarta pada Selasa (9/1),

Eddy menyampaikan perlunya evaluasi terkait masalah keselamatan dan kesehatan kerja. Eddy menyebut pihaknya sudah menyampaikan kepada pihak terkait audit terhadap peristiwa tersebut harus dilaksanakan dan hasilnya dipublikasikan.

“Untuk sementara, bagi perusahaan yang kemarin mengalami musibah sebaiknya operasinya dihentikan sampai hasil penyidikan aparat penegak hukum dan hasil audit sudah keluar,” ujarnya.

Dalam pemanggilan nanti, Eddy mengatakan akan meminta kepada perusahaan terkait untuk menyampaikan latar belakang dan urutan kejadian sampai peristiwa tersebut terjadi.

“Memang kami (Komisi VII) akan memanggil pengusaha smelter termasuk Kementerian Perindustrian untuk memberikan penjelasan. Sebab itu kami perlu melihat dan mengevaluasi bagaimana sistem keamanan dan keselamatan kerja smelter lain jangan sampai terulang lagi hingga memakan korban jiwa,” ujar Eddy.

Terkait penyebab ledakan, Eddy menyebut akan menunggu hasil laporan resmi dari pihak berwajib. “Kami tidak mau spekulasi lebih baik menunggu hasil penyidikan aparat penegak hukum termasuk audit Kemenaker dan Kemenperin.

Kemenperin Siapkan Sanksi

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan akan memberikan sanksi atas pelanggaran tata kelola di proyek smelter di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yang beroperasi di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...