Kadin: Pengusaha Sudah Naikkan UMK meski Ada Daerah Langgar Aturan

Andi M. Arief
12 Januari 2024, 13:26
Kadin, pegusaha, upah minimum, UMK
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Shinta Kamdani meminta pemerintah pusat mengambil tindakan terhadap pelanggaran yang dilakukan daerah dalam penetapan UMK 2024.
Button AI Summarize

Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin menyatakan seluruh perusahaan telah mengimplementasikan Upah Minimum Kabupaten/Kota 2024. Namun demikian, asosiasi berharap agar pemerintah mengambil tindakan terhadap daerah yang melanggar aturan penyesuaian UMK 2024.

Penyesuaian UMK 2024 diatur oleh Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan. Beleid tersebut memuat formula penyesuaian UMK 2024, yakni jumlah antara inflasi dengan hasil perkalian antara pertumbuhan ekonomi dan alfa.

Alfa dalam formula tersebut ditentukan dalam rentang 0,1 sampai 0,3. Kementerian Ketenagakerjaan menjelaskan alfa adalah representasi kontribusi unsur ketenagakerjaan dalam pertumbuhan ekonomi sebuah provinsi.

"Tentu saja ada beberapa daerah yang tidak mengikuti PP No. 51 Tahun 2023, tetapi kalau sudah diputuskan oleh gubernur, akan kami ikuti," kata Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Shinta W Kamdani kepada Katadata.co.id, Jumat (12/1).

Shinta mengatakan, pengusaha mengikuti keputusan penyesuaian UMK 2024 karena hal tersebut sesuai dengan aturan. Namun, ia berharap agar pemerintah pusat mengambil tindakan atas pelanggaran yang dilakukan oleh sebagian pemerintah daerah.

Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo  mencatat setidaknya ada lima provinsi yang melanggar ketentuan dalam menentukan upah minimum 2024. Daerah tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Lampung, dan Maluku Utara.

Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan Apindo Darwoto sebelumnya menilai tingkat kepatuhan penyesuaian Upah Minimum 2024 sudah jauh lebih baik dari tahun lalu. Darwoto mengatakan jumlah bupati/walikota yang melanggar penyesuaian upah minimum 2024 tidak mencapai 10% atau kurang dari 50 titik.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...