Pemerintah Evaluasi Kenaikan Harga MinyaKita Akhir Februari 2024

Andi M. Arief
12 Januari 2024, 15:52
minyakita, harga minyakita
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Pedagang menunjukan minyak goreng rakyat MinyaKita yang mulai langka dipasaran di Pasar Mampang, Jakarta, Rabu (6/12/2023). Pemerintah berencana melakukan penyesuaian harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng rakyat MinyaKita dari Rp14 000 menjadi Rp15.000 per liter, namun Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan rencana penyesuaian HET MinyaKita itu belum mencapai keputusan dan perlu dibahas lebih lanjut dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.
Button AI Summarize

Kementerian Perdagangan akan mengevaluasi harga MinyaKita pada akhir Februari 2024. Evaluasi tersebut akan dilakukan berasama pemangku kepentingan lain di bawah koodinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Harga MinyakKita sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi minyak goreng curah dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 11 Tahun 2022. Aturan tersebut menetapkan HET minyak goreng curah adalah Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram.

"Pasti diputuskan di Kemenko Perekonomian akhirnya. Ini  karenamenyangkut hajat hidup orang banyak. Nanti kami lihat dari sisi industri dan konsumen seperti apa," kata Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto di Kementerian Perdagangan, Jumat (12/1).

Suhanto menyampaikan, evaluasi tersebut dilakukan lantaran HET minyak goreng curah belum dilakukan selama setahun terakhir. Pada saat yang sama, harga minyak goreng curah dan MinyakKita saat ini telah di atas HET.

Ia mencatat, harga MinyakKita di pasar ada di rentang Rp 14.500 sampai Rp 15.000 per liter. Menurutnya, hasil evaluasi harga MinyakKita pada bulan depan akan diputuskan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Badan Pangan Nasional mendata rata-rata nasional harga minyak goreng curah ada di rentang Rp 14.400 sampai Rp 14.600 per liter selama 30 hari terakhir. Namun angka tersebut telah mencapai Rp 14.720 per liter pada hari ini, Jumat (12/1).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...