Cak Imin saat Debat: Food Estate Terbukti Merugikan, Harus Dihentikan

Rena Laila Wuri
21 Januari 2024, 19:45
Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memimpin acara Parlemen Santri angkatan IV di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/4).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memimpin acara Parlemen Santri angkatan IV di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/4).
Button AI Summarize

Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor 2, Muhaimin Iskandar mengatakan food estate terbukti merugikan. Dia akan menghentikan program food estate jika terpilih menjadi wakil presiden.

"Petani adalah penolong negeri tetapi kita menyaksikan negara dan pemerintah abai terhdadap petani dan nelayan kita," ujarnya pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut saat menyampaikan visi dan misinya dalam debat cawapres di Jakarta, Minggu (21/1). 

Menurut Cak Imin, hasil sensus BPS 10 tahun terakhir telah menyebutkan jumlah petani rumah tangga gurem hampir 3 juta. Ini artinya, ada sekitar 16 juta rumah tangga petani yang hanya memiliki setengah hektat lahan.

Di sisi lain, Cak Imin sangat prihatin dengan pengadaan pangan nasional yang dilakukan food estate.

"Food estate terbukti mengabaikan petani, kita meninggalkan masyarakat adat dan menyebabkan konflik agraria dan bahkan merusak lingkungan kita. Ini harus dihentikan," ujarnya.

Cak Imin mengatakan, krisis iklim terjadi dan kita menyaksikan bencana ekologi terjadi di mana negara harus serius mengatasinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...