Indonesia Akan Punya Kereta Tanpa Rel Perdana pada Agustus

Tia Dwitiani Komalasari
25 Januari 2024, 06:26
IKN
Kemenhub
Button AI Summarize

Indonesia akan mengoperasikan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART)  di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai Agustus 2024. Kereta ini akan beroperasi dengan mengguakan baterai, lalu disubtitusikan dengan marka jalan dan magnet.

"Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat meninjau bakal lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN, 

Pembangunan rute ART akan dilakukan dalam 2 fase. Untuk satu set kereta terdiri dari dua gerbong, berkapasitas total 324 penumpang. ART berkecepatan operasional 40 km/jam dan berkecepatan maksimal 70 km/jam.

Selain kereta otonom, Budi juga mengecek progres pembangunan bandara IKN. 

"Hari ini kita melihat pembangunan bandara berjalan dengan baik. Bulan Juli diperkirakan sudah selesai untuk kita uji cobakan," ujar Budi saat mengecek progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (24/1).

Budi mengatakan, pekerjaan konstruksi dan persiapan operasi mulai dikerjakan Januari hingga Juli mendatang. Proses pembangunan bandara juga akan dipercepat dengan penambahan alat, waktu kerja, serta penyelesaian terkait lahan.

Bandara IKN berjarak 23 KM dari titik 0 IKN dan 120 km dari Balikpapan. Infrastruktur ini mempunyai luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...