Seluruh Capres Dukung Hilirisasi Meski Beda Pandangan

Mela Syaharani
25 Januari 2024, 13:54
hilirisasi, smelter, pilpres 2024, capres, cawapres, update me
Harita Nickel
Smelter milik Harita Nickel.
Button AI Summarize

Pembicaraan mengenai mengenai hilirisasi mineral kian hangat pasca debat cawapres kedua. Ketiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden pun menyatakan mendukung program yang tengah digenjot pemerintah saat ini.

Meski begitu, ketiga paslon memiliki visi yang berbeda terkait hilirisasi di Indonesia. Dewan Pakar Tim Nasional Anies-Muhaimin, Wijayanto Samirin mengatakan bahwa AMIN mendukung hilirisasi namun tidak hanya nikel.

“Hilirisasi ini akan dilakukan dengan pelaksanaan konsep Environmental, Social, and Governance (ESG) yang benar dengan standar yang tinggi,” kata Wijayanto dalam diskusi Katadata forum Dilema Hilirisasi Tambang: Dibatasi atau Diteruskan pada Kamis (25/1).

Meski mendukung terhadap hilirisasi melalui implementasi ESG yang benar, namun Wijayanto mengatakan AMIN akan membatasi program ini. “Karena ketika ESG itu dilaksanakan dengan standar yang tinggi, otomatis akan membatasi hilirisasi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Drajad Wibowo mengatakan mendukung program hilirisasi dan akan memperluas cakupannya.”Kami akan melanjutkan hilirisasi dengan memperluaskannya kepada 21 komoditas,” kata Drajad.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...