Pakar Pertanyakan Capres Strategi Keberlanjutan usai Hilirisasi

Mela Syaharani
25 Januari 2024, 16:16
hilirisasi, capres, cawapres,
Indonesia.go.id
Button AI Summarize

Para kandidat calon presiden dan wakil presiden kompak untuk mendukung hilirisasi di Indonesia. Meski begitu, mereka dinilai belum memiliki komitmen lanjutan setelah hilirisasi.

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) dan Panelis Debat Ke-4 Pilpres 2024 Fabby Tumiwa mengatakan langkah lanjutan setelah hilirisasi sumber daya alam merupakan hal penting yang dibahas para calon pemimpin.

“Keberlanjutan itu penting, jika kita tidak sustain maka kita akan gagal,” ujarnya dalam diskusi Katadata Forum "Dilema Hilirisasi Tambang: Dibatasi atau Diteruskan" pada Kamis (25/1).

Namun menurut Fabby, pembicaraan mengenai keberlanjutan ini belum dibicarakan. “Saya tidak melihat ini di semua paslon berbicara soal whats next, mau jadi apa? Sehingga hal mendasarnya justru tidak dibahas,” ujar Fabby

Fabby menjelaskan hilirisasi merupakan upaya memanfaatkan sumber daya yang ada untuk memenuhi amanat konstitusi demi kemakmuran rakyat. Namun yang namanya sumber daya alam jika dikeruk terus pasti akan habis.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...