Ritel Beri Diskon Serentak di Hari Pemilu, Transaksi Mal Bisa Naik 30%

Andi M. Arief
1 Februari 2024, 19:49
Warga menunjukkan jari yang telah dicelupkan tinta Pemilu saat membeli salah satu makanan siap saji di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Sejumlah pusat perbelanjaan dan gerai makanan memberikan potongan harga atau diskon untuk masyarakat yang menggunakan hak pil
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Warga menunjukkan jari yang telah dicelupkan tinta Pemilu saat membeli salah satu makanan siap saji di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Sejumlah pusat perbelanjaan dan gerai makanan memberikan potongan harga atau diskon untuk masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi Pemilu serentak 2019.
Button AI Summarize

Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia atau APPBI memprediksi volume kunjungan dan nilai transaksi mal diprediksi naik lebih dari 30% pada hari pencoblosan Pemilu, yaitu 14 Februari. Pasalnya, pengusaha ritel di mal akan menggelar diskon secara serentak melalui ajang Klingking Fun 2024.

Klingking Fun merupakan program pemberian diskon khusus untuk warga yang telah mencoblos di TPS di seluruh Indonesia

Ketua Umum APPBI, Alphonzus Widjaja, mencatat volume kunjungan harian pada 400 mal di dalam negeri mencapai 2 juta orang. Sementara itu, nilai transaksi di seluruh mal tersebut mencapai Rp 2 triliun per hari.

"Rata-rata nilai transaksi setiap mal Rp 5 miliar per hari," kata Alphonzus dalam konferensi pers di kantor Asosiasi Pengusaha Indonesia, Kamis (1/2).

Dengan demikian, Alphonzus memproyeksikan total kunjungan mal secara nasional setidaknya akan mencapai 2,6 juta orang dengan nilai transaksi senilai Rp 2,6 triliun saat Pemilu. Menurutnya, volume kunjungan dan transaksi di sebagian mal dapat naik lebih dari 30%.

Alphonzus optimistis hal tersebut dapat tercapai lantaran pengelola mal akan aktif membantu publikasi di ajang promo tersebut. Selain itu, Alphonzus berencana memberikan beberapa insentif bagi pengunjung, seperti gratis tarif parkir atau produk gratis lainnya.

Ketua Panitia Klingking Fun 2024, Fetty Kwartati, mencatat Klingking Fun 2019 membuat omset peritel naik tiga kali hingga 10 kali lipat dari hari biasa. Menurutnya, sebagian peritel bahkan sudah menjual seluruh stoknya pada tengah hari.

Fetty menilai para peritel tidak akan kehabisan stok lagi pada tahun ini lantaran waktu persiapan yang lebih lama. Penjualan terbanyak selama Klingking Fun 2019 dialami oleh pengusaha makanan dan minuman di mal.

"Jadi, konsumen sepertinya langsung menyerbu restoran-restoran setelah menggunakan hak pilihnya. Jadi, setelah waktu makan siang stoknya sudah habis. Mudah-mudahan kali ini peritel non makanan dan minuman bisa mendapatkan antusiasme yang sama," ujarnya.

Fetty mencatat 800 brand yang berpartisipasi dalam Klingking Fun tahun ini memiliki 80.000 gerai yang tersebar di 400 mal. Menurutnya, angka partisipasi peritel akan terus bertambah lantaran masih ada waktu dua minggu sebelum Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.

Dia menyatakan okupansi mal akan mencapai 100% lantaran pengelola mal akan menggelar casual leasing pada hari tersebut. Dengan kata lain, pengelola mal akan menyewakan ruang bagi peritel berupa pop-up store secara tematik.

Fetty mencatat besaran diskon yang diberikan beragam mulai dari 10% hingga 60%. Diskon tersebut diberikan dengan berbagai skema, seperti syarat pembelian, diskon tambahan, maupun harga spesial.

"Kalau hanya diskon sudah sering ada di mal, tapi kalau diskon di Klingking Fun adalah diskon tambahan dari yang sudah ada. Jadi, ini bisa cukup menarik," kata Fetty.

Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...