Migrant Care Temukan 3.238 Nama Ganda dalam DPT Pemilu di Malaysia

Ira Guslina Sufa
1 Februari 2024, 17:14
DPT
ANTARA FOTO/Rifqi Raihan Firdaus/app/tom.
Petugas stan KPU DKI Jakarta melayani warga yang mengajukan pindah lokasi memilih dalam Pemilu 2024 saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/11/2023).
Button AI Summarize

Organisasi yang fokus terhadap pendampingan terhadap kasus pekerja migran, Migrant Care, menemukan adanya nama ganda dalam daftar pemilih tetap luar negeri (DPTLN) di Johor Bahru, Malaysia. Direktur Eksekutif Migrant Care Wahyu Susilo mengatakan jumlahnya mencapai 3.238 nama. 

“Tim Migrant Care menemukan sekitar 3.238 nama dengan alamat dan umur yang sama. Artinya, pada DPTLN Johor Bahru PPLN mempublikasikan nama, umur, dan alamat masing-masing warga negara,” ujar Wahyu dalam konferensi pers di Bawaslu RI, Jakarta, Kamis (1/2).

Selain 3.238 nama ganda, Migrant Care juga menemukan banyak data ganjil. Beberapa temuan yang dinilai janggal adalah adanya sekitar 24 orang dari DPTLN Johor Bahru bertuliskan alamat Indonesia. Selain itu juga ada 19 nama dalam data tertulis beralamat 'bercuti/rehat/pulang’.

Menurut Wahyu, pemilihan di luar negeri, terkhusus Malaysia merupakan negara yang menjadi fokus pemantauan Migrant Care dalam proses penyelenggaraan pemilu 2024. Adapun wilayah Johor Bahru menjadi salah satu wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak pemilu Indonesia di luar negeri. Total pemilih 119.491 orang.

Susilo meminta kejanggalan data ini menjadi perhatian Bawaslu dan KPU. Apabila tak benar-benar dipantau akan berpotensi jadi tempat penggelembungan suara. “Dari data ganda yang terkandung, dan saya kira punya potensi adanya penggelembungan suara kalau itu tidak dibenahi,” katanya.

Dia menduga masih banyak nama ganda di DPTLN lain. Oleh karena itu, Susilo berharap Bawaslu dan KPU dapat melihat kembali secara cermat dan rinci DPTLN terutama di negara-negara di mana dengan jumlah pemilih yang besar.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...