Panen Padi Maret 2024 Capai 3,5 Juta Ton, di Atas Kebutuhan Nasional

Image title
Oleh Antara
19 Februari 2024, 17:16
padi, beras, panen padi
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/aww.
Petani memanen padi di Bandung, Pandeglang, Banten, Rabu (9/8/2023).
Button AI Summarize

Potensi panen padi pada pada Maret 2024 diperkirakan sebesar 3,51 juta ton. Produksi tersebut dapat menjaga ketersediaan beras di pasar karena berada di atas kebutuhan nasional yang sebesar 2,5 juta ton per bulan.

"Momen panen raya dapat menghasilkan produksi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/2). 

Salah satu provinsi yang siap panen adalah Lampu. Momennya akan terjadi pada akhir Februari dan awal Maret 2024. Hasil panennya diperkirakan mencapai 800 ribu ton gabah kering panen (GKP) dai luas lahan 140 ribu hektare. Lokasinya tersebar di 15 kabupaten dan kota. 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memastikan panen tahun ini akan menambah ketersediaan cadangan beras di daerahnya. "Padi ini ditanam oleh para petani sejak Oktober 2023," katanya.

Seluruh hasil panen nantinya akan dibeli Perum Bulog sesuai dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah. "Untuk mengamankan ketersediaan pasokan di bulan-bulan mendatang," ucap Arinal.

Panen Padi di Kabupaten Bogor

Dinas Tanaman Pangan, Hortikulutra, dan Perkebunan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menargetkan angka panen padi di daerahnya akan kembali normal pada Maret 2024.  Pada Januari lalu, angka panen padi di wilayah tersebut hanya 2.300 hektare. Angkanya jauh di bawah Januari 2023 sebesar 5.981 hektare.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...