Pemerintah Akan Perluas Penyaluran Bantuan Gagal Panen untuk Petani

Andi M. Arief
20 Februari 2024, 10:48
bantuan puso, bantuan gagal panen, gagal panen petani
ANTARA FOTO/Ampelsa/nz
Ilustrasi. Pemerintah akan memperluas kriteria yang dapat diberikan terkait bantuan gagal panen pada tahun ini mencakup kekeringan.
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy Cakupan bantuan ini akan diperluas dengan nilai pertanggungan yang lebih besar.

Muhadjir menyampaikan, bantuan bantuan puso pada tahun lalu belum selesai disalurkan. Ini karena Badan Nasional Penanggulangan Bencana baru mendata total banjir sepanjang 2023 mencapai 44% dari total bencana yang menenggelamkan 110.383 hektar.

Berdasarkan data BNPB, lahan puso pada tahun lalu mencapai 54.442,42 hektar. Lahan tersebut berada di 136 kabupaten dalam 20 provinsi. Adapun bantuan diberikan kepada petani pada tahun lalu sebesar Rp 8 juta per hektar.

Muhadjir mencatat cakupan luas penjaminanakan diperluas dari 200.000 hektar pada 2023 menjadi 1 juta hektar pada tahun ini. Selain itu, Muhadjir menyampaikan ada masukan bahwa nilai tanggungan asuransi tersebut dinaikkan dari Rp 8 juta per hektare menjadi Rp 10 juta per hektare pada 2024.

"Untuk bantuan puso 2024 akan kami alihkan penyalurannya melalui PT Asuransi Jasa Indonesia atas rekomendasi Menteri Pertanian," kata Muhadjir di kantornya, Senin (19/2).

Pemerintah juga memperluas kriteria penyebab bencana puso dari hanya banjir menjadi juga karena kekeringan dan hama. Walau demikian, Muhadjir menyampaikan, premi yang disiapkan pemerintah sejauh ini hanya sekitar Rp 200 miliar.

"Nilai tanggungannya akan kami bahas lebih lanjut sesuai dengan kesiapan fiskal kami pemerintah," ujarnya.

Total sentra sawah yang tergenang banjir pada akhir awal bulan ini mencapai 4.000 hektar di Jawa Tengah. Walau demikian, pemerintah menilai banjir tersebut tidak akan mempengaruhi produksi beras secara nasional.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...