Pengusaha Optimistis Harga CPO Sentuh US$ 1.000 per Ton Tahun Ini

Andi M. Arief
27 Februari 2024, 19:54
cpo, sawit, harga sawit, pengusaha
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/nym.
Pekerja menata tandan buah kelapa sawit ke atas truk di Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (31/1/2024).
Button AI Summarize

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau Gapki memproyeksikan harga minyak sawit mentah atau CPO mencapai US$ 1.000 per ton pada paruh pertama 2024. Harga CPO di Rotterdam telah mencapai US$ 957 per ton pada Senin (26/2).

Ketua Umum Gapki Eddy Martono mengatakan CPO domestik telah dilego US$ 960 ton pada akhir Januari 2024. Ia memprediksi angka tersebut akan naik menjadi US$ 980 per ton pada akhir bulan ini.

"Harga CPO sekarang di rentang US$ 960 sampai US$ 980 per ton. Untuk harga CPO pada semester kedua tahun ini, harus dilihat produksi minyak nabati lainnya," kata Eddy dalam konferensi pers di Hotel Ayana Midplaza Jakarta, Selasa (27/2).

Berdasarkan Fitch Rating , rata-rata harga CPO pada 2023 ada di rentang US$ 900 sampai US$ 800 per ton. Eddy menjelaskan peningkatan harga pada paruh pertama 2024 didorong oleh kinerja minyak nabati lainnya.

Eddy mengatakan panen kedelai di Brasil yang tidak maksimal membuat pasokan minyak kedelai di pasar global susut. Sementara itu, pasokan minyak bunga matahari dan minyak rapeseed tak bertambah lantaran belum memasuki masa panen.

Oleh karena itu, Eddy memprediksi harga CPO dapat kembali tertekan pada paruh kedua tahun ini akibat performa minyak nabati lainnya. "Kalau mereka tanam dan produksi, stok minyak mereka akan naik. Minyak nabati lain pasti menekan harga minyak sawit," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...