Chandra Asri Selesaikan Jalan Aspal Plastik Lebih dari 100 Km

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
9 Maret 2024, 09:00
Kabupaten Garut menjadi lokasi terakhir proyek jalan aspal plastik yang diinisiasi Chandra Asri.
Chandra Asri
Button AI Summarize

PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), perusahaan solusi kimia dan infrastruktur, mengumumkan terlampauinya target 100 km jalan aspal plastik. Proyek ini direalisasikan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan lain.

Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy Chandra Asri Group Edi Rivai menjelaskan, pihaknya mengembangkan inisiatif aspal plastik sebagai solusi inovatif untuk berkontribusi dalam penanganan sampah plastik di Indonesia melalui prinsip ekonomi sirkular. 

“Semoga keberhasilan yang diraih dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak daerah di Indonesia untuk menerapkan infrastruktur berkelanjutan yang serupa,” katanya dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (9/3).

Penyelesaian proyek aspal plastik ini dirayakan di Kabupaten Garut. Chandra Asri Group berkolaborasi dengan Yayasan Bakti Barito dan Pemerintah Kabupaten Garut, yang berkontribusi separuh proyek setara 50,2 km dari total 100 km.

Aspal plastik sepanjang 50,2 km di Garut dijalankan sejak 2022 hingga 2023. Totalnya diperkirakan berhasil mengelola hingga 431,5 ton sampah plastik dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Edi mengimbuhkan, setelah menunaikan target 100 km jalan aspal dengan campuran plastik, Chandra Asri Group sebagai mitra pertumbuhan akan terus terbuka terhadap peluang kolaborasi untuk memperpanjang jalan aspal plastik guna mewujudkan Indonesia Asri.

Adapun, uji coba aspal plastik pertama berlangsung pada 2018 di kawasan pabrik petrokimia milik Chandra Asri Group di Kota Cilegon, Banten. Lima tahun sejak komitmen dicetuskan, Kabupaten Garut menjadi titik tercapainya target sekaligus wilayah dengan gelaran terpanjang.

Melalui kolaborasi berbagai pihak, program tersebut mampu menjadi langkah kolektif untuk mendukung target pemerintah dalam mengurangi sampah hingga 30 persen. Bahkan, dapat mereduksi jumlah sampah di lautan hingga 70 persen pada 2025.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...