MIND ID Raih Predikat Best Corporate Action Handling dari Menteri BUMN

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
9 Maret 2024, 14:10
Pencapaian ini menjadi motivasi bagi grup MIND ID untuk turut menggerakan masa depan menuju Indonesia Emas.
MIND ID
Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID Selly Adriatika (kanan) secara simbolis menerima penghargaan Best Corporate Action Handling dari Menteri BUMN RI Erick Thohir (kiri) pada Awarding Night BCOMSS 2024 di Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.
Button AI Summarize

MIND ID atau Mining Industry Indonesia menerima penghargaan Best Corporate Action Handling dari Menteri BUMN RI Erick Thohir. Penghargaan diberikan pada Awarding Night BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 di Jakarta, 7 Meret 2024.

Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID Selly Adriatika secara simbolis menerima penghargaan Best Corporate Action Handling dari Menteri BUMN RI Erick Thohir. Pencapaian ini menjadi motivasi bagi grup MIND ID untuk turut menggerakan masa depan menuju Indonesia Emas.

“Penghargaan ini merupakan hasil atas usaha serta kerja keras seluruh komunikasi korporat perusahaan dalam mengelola komunikasi,” kata Selly dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (9/3).

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, BCOMSS menjadi upaya untuk mendorong keterbukaan informasi perusahaan BUMN. Menurutnya, perusahaan pelat merah semakin transparan terbukti dari jumlah pemberitaan perusahaan BUMN pada 2021 hanya sekitar 600 ribu, lantas pada 2023 mencapai 1,5 juta pemberitaan.

“Keterbukaan informasi ini bagian dari penataan yang coba kita terus dorong untuk bisa berlaku di semua BUMN. Dan hari ini bisa kita saksikan banyak perusahaan BUMN yang terus bermigrasi untuk terus membuka diri,” tuturnya.

BUMN Corporate Communications And Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 adalah sebuah ajang kompetisi di bidang komunikasi korporat dan program keberlanjutan bagi semua perusahaan BUMN. Ini merupakan apresiasi dari Kementerian BUMN atas kinerja komunikasi dan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) berkelanjutan dari seluruh korporasi pelat merah.

Terkait aksi korporasi, Holding Industri Pertambangan atau MIND ID resmi memiliki nama usaha bernama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) usai melakukan pemisahan (split-off) dari PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum. Sejak 2017, Inalum melakukan dua fungsi korporasi, yakni sebagai holding dan operasional peleburan aluminium.

MIND ID lebih fokus kepada strategic holding company dan mengutamakan peningkatan efektifitas kegiatan-kegiatan strategis. MIND juga fokus kepada efisiensi dan peningkatan nilai tambah antaranggota holding. Sementara Inalum akan fokus kepada pengembangan hilirisasi aluminium nasional.

Pemisahan entitas bisnis MIND ID dan Inalum dapat meningkatkan kinerja investasi dan operasi hulu tambang di dalam negeri. Adapun, penandatanganan dokumen transformasi MIND ID - Inalum dilakukan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) di Jakarta pada 23 Maret 2023.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...