Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Rampung sebelum Lebaran

Andi M. Arief
14 Maret 2024, 15:18
tiktok shop, tokopedia, lebaran
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi. Penggunaan TikTok Shop saat ini tidak banyak berubah kecuali warna hijau yang mendominasi aplikasi.
Button AI Summarize

Kementerian Perdagangan atua Kemendag menargetkan migrasi TikTok Shop ke Tokopedia rampung sebelum Lebaran 2024. Perkembangan migrasi tersebut telah mencapai 87%.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim menjelaskan, migrasi tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yakni sistem pembayaran, pemisahan data pengguna, dan pengoperasian merchant. Menurutnya, kategori tersebesar atau mencapai 60% dari migrasi adalah sistem pembayaran.

Isy mengatakan, migrasi kategori yang hampir rampung atau 99% adalah pengoperasian merchant. Kategori tersebut berhubungan dengan tampilan TikTok Shop bagi pengguna di aplikasi atau front-end.

"Migrasi front-end itu hampir 100%, migrasi data pengguna dan sistem pembayaran masing-masing tersisa 6%. Jadi, total perkembangan migrasi sudah 87%," kata Isy di Pasar Tanah Abang, Kamis (14/3).

Ia mengakui penggunaan TikTok Shop saat ini tidak banyak berubah kecuali warna hijau yang mendominasi aplikasi. Akan tetapi, Isy menekankan mayoritas migrasi tersebut terjadi di balik layar atau secara back-end.

Menurut dia,  sistem pembayaran TikTok Shop saat ini telah berlangsung di back-end Tokopedia. Dengan kata lain, proses transaksi di TikTok Shop telah diproses oleh Tokopedia di sistem yang terpisah dari TikTok Shop.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...