Alasan Bapanas Sempat Tunda Pembagian Daging Ayam dan Telur Gratis

Andi M. Arief
15 Maret 2024, 12:37
daging, telur
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/Spt.
Pedagang menata daging ayam ras yang dijual di Pasar Besar, Malang, Jawa Timur, Rabu (2/8/2023).
Button AI Summarize

Badan Pangan Nasional sempat menunda pemberian bantuan pangan daging ayam dan telur gratis dalam program pengentasan stunting atau tengkes. Langkah ini ditempuh untuk melakukan penyesuaian harga kedua bahan pangan tersebut dengan harga acuan pemerintah. 

Deputi Bidang Kerawanan Pangan Dan Gizi Bapanas Nyoto Suwignyo mengatakan penyaluran bantuan pangan tersebut seharusnya mulai dilakukan pada Januari 2024. Namun, pemerintah baru memulainya per hari ini, Jumat (15/3), di Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Pada Januari-Februari 2024 harga daging ayam dan telur ayam sudah bagus. Jadi, kami sedikit memundurkan jadwal program pengentasan stunting," kata Nyoto di Kantor Kecamatan Jatisampurna, Jumat (15/3).

Berdasarkan data Bapanas, rata-rata nasional daging ayam dan telur konsisten tumbuh pada dua bulan pertama tahun ini. Rata-rata nasional harga daging ayam menyentuh Rp 36.140 per kilogram sepanjang Februari 2024, sedangkan harta telur ayam senilai Rp 28.900 per kg.

Rata-rata nasional harga daging ayam telah mencapai Rp 38.550 per kg pada  hari ini. Angka tersebut tercatat susut Rp 430 per kg dari posisi puncaknya senilai Rp 38.980 per kg pada pekan ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...