Pemerintah Operasikan 5 Tol secara Fungsional Hadapi Mudik Lebaran

Andi M. Arief
15 Maret 2024, 14:04
mudik, lebaran 2024, Tol Cimanggis-Cibitung
Kementerian PUPR
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mengumumkan ada lima ruas tol yang akan dioperasikan secara fungsional atau dibuka sementara saat mudik Lebaran 2024. Mayoritas jalan tol tersebut ada di jaringan Jalan Tol Trans Sumatra atau JTTS.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan salah satu jalan tol tersebut adalah Tol Cimanggis-Cibitung. Menurut dia, konstruksi tol tersebut dapat rampung pada awal April 2024. Namun jadwal peresmian Tol Cimanggis-Cibitung belum ditentukan.

"Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung akan selesai April atau paling lambat pertengahan Mei 2024 atau selesai uji laik fungsi," kata Endra kepada wartawan, Jumat (15/3).

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung memiliki panjang 26,18 kilometer dan akan menghubungkan ruas Cinere-Jagorawi dan Tol Jagorawi. Dengan demikian, waktu tempuh Jalan Alternatif Cibubur ke Tol Jagorawi dapat dipangkas dari 30 menit menjadi sampai hanya lima menit.

Selain itu, ruas lain yang akan dioperasikan secara fungsional adalah Tol Jogja-Solo. Secara rinci, Endra berharap akan ada dua ruas Tol Jogja-Solo yang dapat beroperasi secara fungsional, yakni Kartasura-Klaten dan Klaten-Purwomartani.

Panjang ruas Kartasura-Klaten mencapai 22,3 km, sedangkan Klaten-Purwomartani 20 km. Dengan kata lain terdapat 42,3 km tol Jogja-Solo yang beroperasi secara fungsional pada momen Lebaran  2024.

"Namun, yang pasti bisa beroperasi secara fungsional baru sampai Klaten. Ini masih menunggu proses konstruksi beberapa minggu ke depan, tapi kami upayakan," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...