Bos Pupuk Indonesia Sebut Anggaran Subsidi Pupuk Naik Jadi Rp 54 T

Nur Hana Putri Nabila
19 Maret 2024, 07:32
pupuk, subsidi pupuk, pupuk indonesia
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/nz
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman (kedua kiri) didampingi Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi (kiri) dan Direktur Transformasi Bisnis PT Pupuk Indonesia (Persero) Panji W.
Button AI Summarize

Pemerintah akan menambah anggaran pupuk subsidi yang semula Rp 26,6 triliun menjadi Rp 54 triliun pada 2024 ini. Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi mengatakan anggaran tersebut tengah diproses di Kementerian Keuangan.

Pupuk Indonesia telah berdiskusi bersama Kementerian Pertanian yang dibimbing oleh Kemenko Perekonomian pada Jumat (15/3). Kemudian, koordinasi lanjutan akan dilakukan pada pekan ini di tingkat menteri melalui Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) untuk memutuskan anggaran dan volume subsidi pupuk 2024 ini.

“Memang tidak mudah karena ada anggaran tambahannya. Nah, itu sudah kita urus,” kata Rahmad kepada wartawan di Hotel Alila, Jakarta, Senin (18/3).

Awalnya, kata Rahmad, rencana penambahan anggaran untuk subsidi pupuk adalah sebesar Rp 14 triliun. Namun, setelah melihat bahwa pemerintah fokus pada swasembada pangan, alokasi anggaran tersebut dikembalikan ke angka semula, yaitu Rp 9,5

Dengan demikian, untuk mewujudkan penyaluran pupuk subsidi sebanyak 9,5 juta ton, diperlukan anggaran sekitar Rp 30 triliun. Oleh karena itu, total anggaran yang dibutuhkan untuk tahun ini mencapai Rp 54 triliun.

“Alokasinya sebesar Rp 9,5 triliun, tambahan anggaran yang diperlukan sekitar 30 triliun. Dari 26,5 triliun nanti akan naik sekitar 30 triliun,” ujar Rahmad.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...