ID Food: Impor Bawang Putih dan Gula Molor, Tiba Setelah Lebaran

Andi M. Arief
20 Maret 2024, 13:56
impor bawang putih, impor gula, daging sapi, ID food
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.
Ilustrasi.
Button AI Summarize

PT Rajawali Nusantara Indonesia atau ID Food memperkirakan impor bawang putih dan gula baru akan tiba setelah hari Idulfitri. ID Food mendapatkan tugas untuk mengimpor empat komoditas sebagai dukungan stabilitas pangan nasional tetapi hanya dapat mendatangkan satu komoditas sebelum Lebaran 2024, yakni sapi hidup.

Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan mengatakan, tiga komoditas lain yang harus diimpor perseroan adalah gula kristal mentah, bawang putih, dan daging sapi beku. Namun, menurut Frans, ketiga komoditas tersebut baru datang setelah Lebaran 2024 akibat proses administrasi.

"Setelah dapat penugasan, ada syarat administrasi yang harus diselesaikan sebelum bisa mengimpor. Saat ini proses administrasi tersebut lagi berproses dan selesai sebentar lagi," kata Frans di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (20/3).

Frans menyebutkan 2.350 ekor sapi hidup dari Australia akan tiba di dalam negeri pada pekan depan. Sebanyak 500 ekor sapi akan langsung disembelih dan menghasilkan 162 ton daging sapi yang bisa langsung diserap pasar.

Sementara itu, menurut dia, 20 ribu ton daging sapi beku dari Brasil baru tiba pada akhir April 2024. Frans mencatat hal tersebut disebabkan waktu dari pemesanan sampai pengapalan selesai dari Brasil membutuhkan waktu hingga dua bulan.

Impor Gula dan Bawang Putih

Adapun ID Food menjadwalkan 92.000 ton gula kristal mentah akan tiba bulan depan. Frans menjelaskan, importasi gula kristal mentah dibutuhkan agar target produksi gula ID Food  2024 yang hampir 300.000 ton terpenuhi.

Terakhir, bawang putih impor sejumlah 20.000 ton baru akan tiba di dalam negeri dari Cina selambatnya Mei 2024. Frans mengatakan, impor bawang putih dilakukan pada April-Mei 2024 agar bertepatan dengan waktu panen bawang putih di Negeri Panda.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...