Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama RI Siap Beroperasi pada Mei 2024

Andi M. Arief
9 April 2024, 11:22
Mobil Listrik
Humas BKPM
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Button AI Summarize

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjadwalkan pabrik mobil listrik pertama di Indonesia akan beroperasi pada Mei 2024. Pabrik yang dimaksud adalah PT Hyundai LG Industri Green Power dengan kapasitas produksi 10 gigawatthour per tahun.

Bahlil mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengunjungi lokasi pembangunan pabrik tersebut sekitar awal tahun ini untuk meninjau kesiapan produksi pabrik. Hasil kunjungan tersebut menunjukkan bahwa pabrik tersebut siap beroperasi dan diresmikan pada Mei 2024.

"Jadi, ini konstruksi kapasitas produksi tahap pertama sebesar 10 gigawatthour per tahun. Tahap selanjutnya akan dibangun kapasitas tambahan sejumlah 20 gigawathour per tahun," kata Bahlil di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Senin (8/4).

Untuk diketahui, pemerintah sebelumnya menargetkan pabrik baterai kendaraan listrik milik LG tersebut beroperasi bulan ini. Bahlil tidak menjelaskan lebih lanjut kenapa target produksi tersebut molor.

Pembangunan pabrik tersebut melibatkan PT HLI Green Power yang merupakan perusahaan joint venture antara Hyundai Motor Company, LG Energy Solution, dan PT Indonesia Battery Corporation (IBC).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...