Mendag Tak akan Buka Keran Impor Bawang Merah Meski Harganya Melonjak

Andi M. Arief
25 April 2024, 13:50
harga bawang merah, bawang merah, mendag
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memperkirakan, harga bawang merah turun pada pekan depan.
Button AI Summarize

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan tidak akan mengimpor bawang merah meski harganya tengah melonjak. Zulkifli meyakini, kebutuhan stok bawang merah nasional sudah dapat dipenuhi petani lokal.

Badan Pangan Nasional memproyeksi produksi bawang merah di dalam negeri mencapai 1,41 juta ton. Sementara itu, total konsumsi bawang merah tahun ini diperkirakan sejumlah 1,15 juta ton.

"Minggu depan juga mudah-mudahan harga bawang merah sudah turun. Bawang merah enggak boleh ada impor. Mau harga bawang merah naik atau tidak, kita bisa tanam sendiri, tidak ada impor bawang merah," kata Zulkifli di kantornya, Kamis (25/4).

Zulkifli mengingatkan, pemerintah akan langsung menindak pihak yang mengimpor bawang merah. Bawang merah dan bawang putih merupakan dua bahan pangan yang terus menunjukkan tren pertumbuhan harga setelah Lebaran 2024.

Bapanas mendata rata-rata nasional harga bawang merah telah mencapai Rp 53.500 per kg hari ini, Kamis (25/4). Rata-rata harga bawang merah di DKI Jakarta telah naik Rp 31.230 per kg selama 25 hari terakhir menjadi Rp 72.340 per kg.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim memproyeksikan, harga bawang merah baru dapat turun pada kuartal ketiga tahun ini. Walau demikian, Isy menilai penurunan harga bawang merah dapat terjadi lebih cepat lantaran penyebab kenaikan harga bersifat sementara.

"Harga bawang merah naik memang karena banjir di Brebes, Jawa Tengah. Penurunan harga bawang merah akan tergantung dari stok. Kenaikan ini temporer saja kok, tidak akan terlalu lama," kata Isy.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa sebelumnya menjelaskan, hujan ekstrem di Jawa Tengah menjadi penyebab utama kenaikan harga bawang merah bulan ini. Hujan berdampak pada 7.500 hektare lahan bawang merah.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...