Otorita: Kereta Bandara IKN Rampung pada 2030

Andi M. Arief
30 Mei 2024, 15:18
IKN, bandara ikn
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut, pembangunan kereta yang menghubungkan Bandara Sepinggan Balikpapan dengan IKN ditargetkan dapat selesai pada 2030. Adapun konstruksi kereta regional ditargetkan bisa dimulai setelah 2035.

"Sekarang yang sedang disiapkan itu adalah moda transportasi kereta. Jalur kereta pun kita siapkan baik itu yang dari kereta bandara yang menghubungkan Bandara Sepinggan Balikpapan dengan IKN maupun jalur kereta regional yang menghubungkan IKN, Balikpapan, Samarinda dan wilayah-wilayah sekitarnya," ujar Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim kepada Antara di Jakarta, Kamis (30/5). 

Silvia menjelaskan, pembangunan kereta Bandara Sepinggan-IKN ditargetkan rampung 2030. "Untuk kereta yang menghubungkan Bandara Sepinggan Balikpapan - IKN justru yang lebih dahulu dibangun, karena memang ini diekspektasikan untuk bisa selesai pada Tahun 2030," katanya.

Sementara untuk jalur kereta regional yang menghubungkan IKN, Samarinda, Balikpapan dan area-area sekitarnya, saat ini sedang dalam proses tahap studi di mana rencana jalurnya masih dalam studi awal, dan nantinya perlu dilakukan studi lebih lanjut dalam bentuk feasibility study maupun basic engineering design sebelum bisa diimplementasikan.

"Tentu saja implementasinya kita akan melihat sesuai dengan perkembangan kota IKN. Pada tahap awal tentu saja belum ekspektasikan untuk dibangun, karena berdasarkan rencana induk kita ekspektasikan mungkin mulai dibangun setelah 2035 untuk kereta regional," kata Silvia.

Dia mengatakan, rencana pembangunan kereta Bandara Sepinggan-IKN dan kereta regional tersebut selaras dengan target 80% transportasi publik di IKN. "Inilah justru target rencana kita, karena ini yang selaras dengan IKN yakni target 80 persen transportasi publik," katanya.

Kereta Bandara yang menghubungkan IKN-Bandara Sepinggan Balikpapan bertujuan sebagai moda transportasi makro berbasis transit yang menghubungkan IKN dan Balikpapan, serta memfasilitasi inter-city accessibility.  Kehadiran kereta Bandara tersebut diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan antara Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dan Bandara Sepinggan Balikpapan kurang lebih 34 menit dengan jarak tempuh sekitar 46,06 km.

 

Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...