Jokowi Boyong dan Rayu Pengusaha ke IKN usai Kepala Otorita Hengkang

Agustiyanti
5 Juni 2024, 08:23
jokowi, ikn, investasi
Dok. Astra International
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Astra Biz Center-IKN diIbu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Selasa (4/6).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo kembali mengunjungi Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Timur pada Selasa (4/6). Ia juga mengajak para pengusaha untuk menghadiri groundbreaking  Astra Biz Center dan Botanical Garden.

Pengusaha yang antara lain terpantau hadir yakni Ketua Konsorsium Nusantara Sugianto Kusuma alias Aguan, Direktur Astra Internasional Rudy, CEO Bakrie Group Anindya Bakrie, hingga Pemilik Sinarmas Group Franky Widjaja. 

Saat memberikan samnbutan dalam acara peresmian grounbreaking kedua proyek tersebut, Jokowi sempat memperkenalkan Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono dan wakilnya Raja Juli Antoni kepada undangan yang hadir.  Keduanya baru resmi ditunjuk menggantikan Bambang Soesantono dan Dhony Rahajoe yang mengundurkan diri sebagai Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita IKN pada Senin (3/6).

Jokowi dalam sambutannya menjelaskan prospek investasi di IKN. Ia menyatakan, investasi di IKN Nusantara sebagai membeli masa depan. "Jangan membayangkan sekarang, karena jalan tol Balikpapan-IKN belum jadi. Kalau nanti sudah jadi, lurus ke Balikpapan kira-kira hanya 34 menit," ujar dia. 

Ia juga memamerkan lokasi bandara yang berjarak 15 menit dari titik groundbreaking tersebut. “Nanti baru bapak ibu pasti akan berubah pikiran mengenai Nusantara ini. Kalau bapak ibu berubah pikirannya nanti, tanahnya sudah habis,” ujarnya.

Jokowi membandingkan harga tanah di IKN saat ini yang hanya mencapai Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu per m2, sedangkan tanah di Balikpapan mencapai Rp 15 juta per m2. "Ini saya sebutkan sekarang, besok harga bisa berubah tergantung Pak Kepala Otorita. Kalau permintaan tinggi pasti naik." ujarnya. 

Jokowi juga menceritakan kedatangan pemilik Gedung Pencakar Langit Dunia Burj Khalifa ke sejumlah wilayah di Indonesia mulai dari Bali, Lombok, Labuan Bajo, hingga IKN. "Ketika bertemua saya, dia menyampaikan bahwa sudah berinvestasi ke banyak negara, tetapi melihat Indonesia ini paling indah," ujarnya. 

Pendiri Emaar Properties itu pun, menurut Jokowi, menyatakan komitmen untuk berinvestasi ke Indonesia. Namun, Jokowi belum mau mengungkap nilai investasinya lantaran belum ada hitam di atas putih. "InsyaAllah nanti ditandatangani di Juli, besar banget. Setelah itu, mungkin harga tanah (di IKN) bisa berubah, supaya Bapak Ibu tahu saja," katanya. 

Oleh karena itu, Jokowi mengaku senang dan mengapresiasi komitmen PT Astra International Tbk. yang membangun Astra Biz Center di sana. Kompleks ini berdiri di atas lahan 3,4 hektare untuk 11 merek bisnis Astra. Begitu juga dengan Konsorsium Nusantara yang membangun botanical garden di sana.

Ketua OIKN Bambang Susantono bersama Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin (3/6). Namun, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Bambang akan mendapatkan tugas baru. 

“Membantu langsung Bapak Presiden, untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno lewat pesan singkat kepada wartawan pada Senin (3/6).  

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...