Dushishoes Manfaatkan Shopee, Pesanan Meningkat Hingga 16 Kali Lipat
Jenama sepatu asal Bogor, Jawa Barat, Dushishoes, bertransformasi melalui pemanfaatan teknologi e-commerce seperti Shopee Live.
Memulai bisnis sebagai penyuplai bahan untuk sandal dan sepatu, perjalanan Diana si pendiri Dushishoes, tidak mudah. Sama seperti pebisnis kecil lain, awal pandemi memiliki tantangan tersendiri akibat penurunan permintaan bahan yang signifikan.
Namun, daripada menyerah, Diana justru mencari peluang baru dengan menjadi produsen dan memproduksi sepatu serta sandal mereknya sendiri. Bahkan, produknya sukses beradaptasi dengan penjualan online melalui platform e-commerce, terutama Shopee dan fitur interaktif seperti Shopee Live.
Diana menyampaikan, sepatu itu soal kenyaman sehingga cara berjualannya juga harus membuat pelanggan nyaman. Oleh karena itu, pada 2019 dirinya fokus memasuki pasar ritel daring melalui platform Shopee.
Berbagai inisiatif dan inovasi yang Shopee hadirkan menjadi kunci Dushishoes untuk berkembang. Terutama sejak Shopee Live pertama kali diperkenalkan, Diana dan tim melihat ini sebagai langkah strategis untuk beradaptasi dalam kemajuan era digital.
“Kami merasakan dampak positif lewat peningkatan pesanan hingga 16 kali lipat sejak pertama kali kami live streamhingga bulan Mei 2024 ini,” ujarnya, Selasa (2/7).
Bagi Dushishoes, Shopee Live bukan hanya platform untuk memasarkan produk secara real-time tetapi juga memberikan ruang bagi produsen dan pembeli menjadi lebih dekat dan personal. Mereka bisa mengajukan pertanyaan, melihat kualitas dan detail produk, serta menyaksikan secara langsung saat dikenakan oleh para host, mulai dari bentuk hingga ukuran.
Mempunyai ambisi menjadi jenama lokal yang dikenal masyarakat luas, Dushishoes sukses menjadikan Shopee Live sebagai fitur yang membantu untuk memperluas brand awareness produknya. Selama Kuartal I 2024, Shopee Live berkontribusi lebih dari 34 persen pendapatan transaksinya di Shopee.
Setiap sesi livestream yang diadakan secara rutin Dushishoes mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam. Selain bertujuan untuk memperkenalkan produk, juga sebagai sarana untuk menjawab pertanyaan dan menerima evaluasi terkait kualitas dan masukan mengenai tren terkini.
Diana menuturkan, ekosistem yang saling terintegrasi di Shopee berperan penting dalam menciptakan pengaruh yang berkelanjutan antar fitur. Guna menarik lebih banyak pengguna ke sesi Shopee Live, dirinya juga memanfaatkan platform Shopee Video dengan menyajikan konten video pendek yang kreatif dan menarik.
Beberapa jenis konten Shopee Video yang disajikan Dushishoes termasuk rekomendasi outfit dengan Dushishoes, berbagai produk terbaru, kombinasi warna sepatu yang sesuai, dan konten menarik lain.
“Melalui konten video ini, kami berhasil mendapatkan perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk mengunjungi toko secara langsung untuk mengeksplorasi produk-produk lainnya,” ujar Diana.
Dushishoes Tawarkan Lebih dari Sekadar Fungsionalitas dan Kualitas
Di balik strategi bisnisnya untuk dinamis terhadap perubahan teknologi, Dushishoes memiliki visi yang kuat untuk memproduksi sandal dan sepatu berkualitas dengan harga terjangkau.
Walaupun diawali dengan mengandalkan produk dari toko lain karena belum memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri. Tapi seiring berjalannya waktu dan pengalaman, Dushishoes akhirnya berhasil memulai produksi sendiri, seperti sandal plastik elmo, flatshoes, mules, heels dan berbagai model lainnya.
Proses produksinya dilakukan dengan sangat teliti, baik tahap desain, pemilihan bahan baku yang sebagian besar berasal dari lokal, hingga sampling dan uji coba untuk memastikan kualitas produk telah sesuai standar sebelum diproduksi secara massal.
Dushishoes tidak hanya fokus pada aspek fungsionalitas dalam setiap koleksi sepatunya, tetapi juga membangun identitas dan cerita yang kuat di balik setiap desain yang dihadirkan.
Dengan tidak mengesampingkan tren pasar, Dushishoes berhasil menciptakan produk yang tidak hanya mengikuti mode, tetapi juga memiliki nilai tambah bagi para penggunanya. Contohnya, DUSHI Mizzu flat, DUSHI Amara flat, dan Luna heels. Ketiganya memiliki model yang casual, kekinian dan nyaman. Tiga produk ini terlaris di Shopee.
Memiliki model yang beragam tidak membuat Dushishoes mengesampingkan kualitas terbaik dari setiap produk yang dijual. Melalui konsep home industry, baik bahan hingga perajin yang semuanya dalam negeri, Dushishoes tidak hanya menjadi jenama lokal sepatu yang diandalkan, tetapi juga turut berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.
Sejak awal, Dushishoes memilih untuk bergabung dengan Shopee karena melihat potensi pertumbuhan yang pesat dan luas. Dushishoes juga aktif mengikuti berbagai program yang ditawarkan Shopee, seperti Gratis Ongkir, Cashback, serta rutin berpartisipasi dalam kampanye angka kembar dan program-program Shopee lainnya.
Konsistensi dalam menyajikan konten menarik di Shopee Live dan Video juga menjadi salah satu strategi Dushishoes, demi berhasil memenangkan hati konsumen dan membangun basis pelanggan yang setia.
Berkat kegigihan Dushishoes dalam memanfaatkan kehadiran Shopee, mereka berhasil memenangkan Shopee Super Awards 2023 dalam kategori Ekspor. Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan kualitas produk lokal mereka yang kini berhasil menembus pasar internasional.
Diana menyatakan, bagi Dushishoes setiap tantangan besar dapat diubah menjadi peluang kesuksesan melalui kreativitas dan pemanfaatan teknologi yang tepat. Bersama Shopee dan fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live maupun Shopee Video, telah membuka jalan bagi produknya.
“Dengan kolaborasi ini, kami tidak hanya mampu mengembangkan bisnis lokal, tetapi juga membuktikan bahwa semangat untuk terus berinovasi dapat membawa dampak positif baik bisnis dan lingkungan sekitar,” ujarnya.
Jangan sampai terlewat untuk nikmati ragam promo terbaik dan penuhi koleksi produk fesyen lokal favoritmu di Shopee! Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.