IHSG Diprediksi Konsolidasi, Analis Rekomendasikan AALI hingga GOTO

Patricia Yashinta Desy Abigail
26 Juli 2024, 07:25
ihsg, pertumbuhan ekonomi, AALI, GOTO
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/tom.
Ilustrasi. Pasar hari ini akan mencermati data pertumbuhan ekonomi kuartal dua 2024 di Amerika Serikat.
Button AI Summarize

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan terkonsolidasi pada perdagangan Jumat (26/7). Gerak IHSG akan dibayangi sentimen data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat dan laporan keuangan emiten kuartal dua 2024. 

Phintraco Sekuritas menyatakan, pasar mencermati data pertumbuhan ekonomi kuartal dua 2024 di Amerika Serikat. Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat tercatat mencapai 28% pada kuartal kedua tahun ini, melampaui perkiraan para ekonomi sebesar 2,1%

Para investor juga kemungkinan akan memperhatikan CME FedWatch Tools, alat yang memberikan investor, analis, dan ekonom ukuran ekspektasi pasar terhadap kebijakan moneter masa depan  The Fed. Pada alat pemantauan tersebut, peluang pemangkasan suku bunga sebesar 50 bps pada pertemuan September 2024 hanya mencapai 18,7%.  

''Sementara dari dalam negeri, pasar mulai fokus pada rilis laporan keuangan kuartal dua 2024 dari emiten-emiten," tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya, Jumat (26/7). 

Phintraco Sekuritas merekomendasikan saham PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL), PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI),  PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI).

Sementara itu, Analis BinaArtha Sekuritas Ivan Rosanova memperkirakan level support IHSG hari ini berada di 7.207-7.233, 7.159, 7.099 dan 7.028. Sedangkan level resistance berada di 7.293, 7.374, 7.454 dan 7.500

Support merupakan area harga saham tertentu yang diyakini sebagai titik terendah pada satu waktu. Saat menyentuh support, harga umumnya akan kembali naik karena peningkatan pembelian.

Sedangkan resistance merupakan tingkat harga saham tertentu yang dinilai sebagai titik tertinggi. Setelah saham menyentuh level ini, biasanya akan ada aksi jual cukup besar hingga laju kenaikan harga tertahan.

Ivan merekomendasikan hold atau buy on weakness pada saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dengan rentang harga 1.210-1.240. Lalu hold pada saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan target harga terdekat di 10.500, serta hold saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dengan target harga terdekat di 5.275. 

Rekomendasi selanjutnya yakni hold atau trading buy pada saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dengan rentang harga 900-1.030. Ivan turut merekomendasikan hold atau trading buy pada saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dengan rentang harga 51-53. 

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...