Maroko Juara Grup F Piala Dunia, Belgia dan Kanada Tersingkir

Tia Dwitiani Komalasari
2 Desember 2022, 07:20
Piala Dunia 2022
FIFA
Piala Dunia 2022

Maroko secara mengejutkan menjuarai Grup F Piala Dunia 2022. Tim Singa Atlas tersebut melenggang ke babak 16 besar bersama Kroasia.

Tim Nasional atau Timnas Maroko sebelumnya menjadiunderdog dalam grup yang diperkirakan bakal didominasi Belgia. Seperti diketahui, Timnas Maroko  berperingkat dua dunia dan Kroasia merupakan runner up Piala Dunia 2018.

Maroko melaju ke babak 16 besar Piala Dunia untuk pertama kali dalam 36 tahun setelah menang 2-1 atas Kanada dalam pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia Qatar 2022, Kamis malam (1/12).

Hakim Ziyech dan Youssef En-Nesyri memastikan tim Afrika Utara itu finis di puncak klasemen grup dengan kedua gol mereka. Satu gol balasan Kanada dicetak Nayef Aguerd. 

Itu merupakan kemenangan kedua Maroko dalam grup tersebut setelah juga mengalahkan Belgia dalam laga kedua. Mereka menjadi tim tak terkalahkan di grup F.  Hasil lainnya adalah seri melawan Kroasia.

Dalam pertandingan lainnya, Belgia imbang 0-0 melawan Kroasia sehingga hanya bisa finis urutan ketiga dengan 4 poin.

Belgia hanya mencetak satu gol selama turnamen ini yang bahkan kalah produktif dibandingkan peringkat empat Kanada, tapi gawang Kanada dibobol tujuh kali. Kanada juga kalah dalam semua dari tiga laga fase grup.

Timnas sepak bola Brasil menduduki peringkat teratas di ajang olah raga sepak bola paling bergengsi Piala Dunia.

Berdasarkan data Thesoccerworldcups.com, Timnas Brasil berada diperingkat pertama dengan meraih 237 poin. Capaian tersebut dari hasil 22 laga yang dilakoni Timnas yang memiliki julukan Selecao di ajang Piala Dunia sejak 1930.

Peringkat teratas tersebut diraih karena Tim Samba salah satunya karena berhasil memenangi gelar juara Piala Dunia terbanyak, yakni 5 kali sejak 1930. Brasil berhasil meraih gelar Juara Piala Dunia pada 1958, 1962,1970, 1994, serta 2002.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...