Jepang Menang Lawan Spanyol 2-1, Jerman Tersingkir Lagi di Piala Dunia

Tia Dwitiani Komalasari
2 Desember 2022, 05:57
Pemandangan umum stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.
AP Photo/Luca Bruno
Pemandangan umum stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.

Jepang kembali menciptakan sensasi besar dalam Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Spanyol 2-1 dalam pertandingan terakhirnya di Grup E yang berlangsung di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Jumat dini hari (2/12).

Itu merupakan pencapaian fantastis kedua setelah mereka juga menumbangkan juara dunia empat kali Jerman pada laga pertama grup mereka. Dua pemain yang memasukkan gol ke gawang Spanyol adalah juga dua pemain yang melesakkan gol ke gawang Jerman.

Alvaro Morata membawa Spanyol unggul lebih dulu lewat gol dari sundulannya. Tetapi Ritsu Doan dan Ao Tanaka kembali membuat Jepang membalikkan keadaan seperti saat menghadapi Jerman.

Gol Tanaka termasuk kontroversial setelah VAR memutuskan Kaoru Mitoma mempertahankan bola yang terlihat sudah keluar garis permainan.

Dalam pertandingan lainnya, Jerman gagal ke babak 16 besar untuk kedua kalinya secara beruntun meski mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2 pada jam yang sama.

Gol Jerman diciptakan oleh Serge Gnabry pada menit ke-10, Kai Havertz pada menit 73 dan 85, serta dan Niclas Fullkrug dalam menit ke-89.

Sedangkan dua gol Kosta Rika dibuat oleh Yeltsin Tejeda pada menit 58 dan Juan Pablo Vargas pada menit 70.

Hasil dua pertandingan terakhir Grup E membuat Jepang memuncaki klasemen dengan 6 poin, sedangkan Spanyol dan Jerman mengemas 4 poin dan hanya dibedakan oleh selisih gol yang sialnya tidak berpihak kepada Jerman. Kosta Rika yang mengumpulkan tiga poin dari kemengan atas Jepang pada laga kedua, menduduki perigkat terbawah grup ini.

 Piala Dunia sebagai turnamen tertinggi sepak bola ditonton oleh orang di seluruh penjuru dunia. Berdasarkan Statista, rata-rata penonton yang menghadiri pertandingan piala dunia di stadion sejak 1986 di Meksiko sampai 2018 di Rusia sekitar 40 ribu hingga lebih dari 50 ribu penonton.

Sebanyak 3,03 juta orang menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018 secara langsung di stadion. Kehadiran rata-rata pada pertandingan Piala Dunia tahun tersebut mencapai 47.371.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait