Cina Mulai Longgarkan Pembatasan Covid-19 Usai Diprotes Besar-besaran

Happy Fajrian
3 Desember 2022, 16:55
covid-19, cina,
ANTARA FOTO/REUTERS/China Daily /aww/sad.
Warga mengantre untuk pengujian asam nukleat di kompleks perumahan saat kasus baru penyakit virus corona (COVID-19) muncul di Wuhan, provinsi Hubei, Cina, Selasa (22/2/2022).

Cina telah mulai mengambil langkah-langkah untuk melonggarkan kebijakan Zero-Covid-nya menyusul gelombang protes belum lama ini terhadap kebijakan penguncian wilayah atau lockdown dan sejumlah langkah pembatasan ketat lainnya.

Mengutip laporan kantor berita Xinhua, yang dilansir Antara, Wakil Perdana Menteri Cina Sun Chunlan yang bertanggung jawab atas langkah pencegahan penyebaran Covid-19, mengatakan bahwa patogenisitas varian Omicron sudah melemah.

“Pemerintah telah mengatur kondisi untuk mengubah-langkah-langkah tanggap epidemi,” ujarnya di Komisi Kesehatan Nasional Cina, Sabtu (3/12), yang disampaikan menyusul kemarahan publik di seluruh Cina selama akhir pekan lalu terhadap langkah-langkah pembatasan Covid-19 yang ketat.

Beberapa demonstran secara terbuka mencela Partai Komunis yang berkuasa yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping. Hingga Kamis, Cina telah mencatat kasus Covid-19 harian sekitar 33.000 di daratan, menurut komisi tersebut.

Angka itu sedikit menurun dari rekor tertinggi yang mencapai hampir 39.000 pada Minggu, tetapi masih berada pada level yang tinggi. Setelah aksi protes, beberapa pembatasan di Guangzhou, Cina selatan, telah dilonggarkan, di mana restoran, bioskop, dan pusat rekreasi dibuka kembali.

Kota Beijing, di mana banyak permukiman dikunci karena wabah, telah mengizinkan pasar swalayan dibuka kembali setelah penutupan satu hari. Penduduk Beijing yang tinggal di rumah, termasuk manula dan mereka yang bekerja atau belajar dari rumah, juga tidak perlu lagi menjalani tes Covid-19 massal.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...