Legenda Sepakbola Pele Dirawat di Ruang Paliatif Akibat Kanker

Aryo Widhy Wicaksono
3 Desember 2022, 21:33
Dalam foto pada 15 Januari 2018, pesepakbola legendaris Brasil Pele, menggunakan kerangka berjalan saat menyapa pendukung di acara pembukaan Kejuaraan Sepak Bola Carioca 2018.
MAURO PIMENTEL / AFP - Antara
Dalam foto pada 15 Januari 2018, pesepakbola legendaris Brasil Pele, menggunakan kerangka berjalan saat menyapa pendukung di acara pembukaan Kejuaraan Sepak Bola Carioca 2018.

Legenda sepak bola Brasil Pele mendapatkan perawatan paliatif setelah upaya kemoterapi yang dilakukan terhadapnya berhenti memberikan hasil yang diharapkan. Pria yang memiliki nama asli Edson Arantes do Nascimento ini kini tengah berjuang melawan kanker usus besar.

Menyitir laporan Reuters yang mengutip surat kabar Folha de S.Paulo pada Sabtu ini (3/12), Pele yang berusia 82 tahun, dirawat di rumah sakit sejak Selasa (29/11) untuk mengevaluasi kembali pengobatan kankernya. Tetapi berdasarkan laporan medis, ia didiagnosis memiliki infeksi saluran pernapasan.

Folha de S.Paulo juga melaporkan bahwa kemoterapi terhadapnya telah ditangguhkan, dan Pele berada di bawah perawatan paliatif, untuk menjalani perawatan untuk gejala nyeri dan sesak napas. 

Perkembangan terbaru ini cukup mengejutkan, terutama karena berdasarkan laporan sebelumnya, ikon yang dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa ini, sudah berada dalam kondisi stabil dan menunjukkan perbaikan secara umum.

"Setelah evaluasi medis, pasien dibawa ke ruang umum, tanpa perlu dirawat ke unit perawatan semi-intensif," bunyi pernyataan Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo, seperti dikutip Reuters, Rabu (30/11).

Mengetahui kondisi terbaru Pele, sejumlah pesepakbola dunia pun memanjatkan doa untuk kesembuhannya, salah satu di antaranya adalah penyerang asal Prancis, Kylian Mbappe, yang kini tengah membela negaranya di Piala Dunia Qatar 2022.

"Berdoa untuk sang Raja," tulis Mbappe dalam akun Twitter, Sabtu (3/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...