Trump Mengaku Tak Bersalah atas Tuntutan Pidana Suap Aktris Porno

Agustiyanti
5 April 2023, 05:44
Donald Trump, trump, pidana
ANTARA FOTO/REUTERS/Gaelen Morse/foc/sad.
Presiden AS Donald Trump (kanan) menjadi mantan presiden AS pertama yang menghadapi tuntutan pidana.

Mantan Presiden Donald Trump mengaku tidak bersalah d atas 34 tuduhan kejahatan pemalsuan catatan bisnis. Jaksa menuduh Trump memberikan uang tutup mulut kepada dua wanita sebelum pemilihan AS pada 2016 untuk menutupi hubungan seksual mereka dengannya.

Trump ditahan sebelum menjalani sidang pembacaan dakwaan. Ia adalah mantan presiden AS pertama yang menghadapi tuntutan pidana.

Jaksa menuduh Trump berusaha merusak integritas pemilu 2016 melalui uang suap yang dibayarkan kepada wanita yang mengaku memiliki perselingkuhan dengannya. Kedua wanita tersebut adalah aktris film dewasa Stormy Daniels dan mantan model Playboy Karen McDougal.

Menggunakan setelah warna biru dengan dasi merah dan diapit oleh para pengacaranya saat pembacaan dakwaan, ia menyatakan tidak bersalah atas tuduhan jaksa. "Tidak bersalah," ujar Trump dalam sidang, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/4/).

 

Trump dianggap bagian dari rencana pelanggaran hukum untuk menekan informasi negatif. Jaksa menuduhnya memberikan perintah untuk melakukan pembayaran ilegal sebesar US$130.000 demi menyembunyikan informasi negatif yang dapat merugikan kampanyenya.

"Trump berulang kali dan secara curang memalsukan catatan bisnis di New York untuk menyembunyikan tindakan kriminal yang menyembunyikan informasi yang merusak kepercayaan pemilih selama pemilihan presiden 2016," demkian tertulis dalam dokumen dakwaan seperti dikutip dari CNN, Rabu (5/4). 

Pernyataan fakta setebal 13 halaman memerinci dalam bahasa sederhana bagaimana Trump diduga melakukan kejahatan untuk membantunya terpilih ke Gedung Putih pada 2016.

Menurut dokumen tersebut, Trump mengatur skema dengan orang lain untuk memengaruhi pemilu 2016 dengam mengidentifikasi dan membeli informasi negatif tentang dirinya. Ini menguntungkan ditinya dalam prospek pemilihan saat itu. 

Menurut dakwaan tersebut, setiap tuntutan pidana yang dihadapi Trump terkait dengan catatan khusus di antara catatan bisnis institusi miliknya. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...