Kerusuhan Prancis Meluas, Kendaraan Lapis Baja Dikerahkan Hadapi Massa

Ira Guslina Sufa
1 Juli 2023, 20:03
Demonstrasi di Prancis meluas
Antara
Demonstrasi di Prancis meluas

Pemerintah Prancis mengerahkan kendaraan lapis baja ke jalan-jalan yang menjadi titik kumpul para demonstran pada  Sabtu (1/7) waktu Indonesia. Pengerahan pasukan tambahan dilakukan setelah pihak berwenang gagal menguasai demonstrasi yang memasuki hari keempat. 

Mengutip Anodulu, kendaraan lapis baja dikerahkan di alun-alun beberapa daerah dan kota. Pengerahan pasukan juga dilakukan di kota terbesar kedua Marseille yang terletak kurang dari 20 mil (32,18 kilometer) dari perbatasan Luksemburg dan wilayah Nanterre di pinggiran barat laut Paris.

Selain mengerahkan kendaraan lapis baja, pemerintah Prancis telah mengerahkan 45 ribu pasukan. Jumlah ini jauh lebih besar dibanding pengamanan hari sebelumnya. 

Kementerian Dalam Negeri Prancis seperti dikutip nzherald.co.nz  mengumumkan total penangkapan telah mencapai 1.300. Jumlah ini tersebar di banyak kota. Sementara Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin mengatakan bahwa 270 orang telah ditangkap, dan lebih dari 80 di antaranya di Marseille.

Walikota Marseille Benoit Payan mendesak pemerintah pusat untuk mengirimkan tambahan penguatan pasukan. "Tindakan penjarahan dan kekerasan sudah tidak dapat diterima," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...