Prabowo Susun 5 Program Ekonomi Terjangkau untuk Rakyat, Ini Daftarnya

Ira Guslina Sufa
1 Juli 2023, 16:09
Prabowo
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyapa warga saat menghadiri kegiatan Majelis Rasulullah di Pancoran, Jakarta Selatan Minggu (28/5/2023).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merumuskan lima program ekonomi yang harus terjangkau, bahkan gratis bagi rakyat. Kelima program itu meliputi bidang kesehatan, pendidikan, perumahan, sembako, dan pinjaman untuk usaha.

"Aneka program ini dibuat agar wong cilik, rakyat banyak bisa tersenyum dan tertawa. Mereka tak lagi terlalu berat menjalani hidupnya, apalagi akibat tiga tahun pandemi COVID-19,” kata Prabowo seperti dikutip dari Antara, Sabtu (1/7).

Menurut Prabowo lima program ekonomi yang ia susun telah sejalan dengan semangat program dari Presiden Jokowi melalui berbagai kartu, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Ke depannya, Prabowo menyatakan akan segera merumuskan program ekonomi lainnya demi mengoptimalkan kebangkitan ekonomi Indonesia lebih cepat.

Sebelumnya, pada Minggu (25/6) di hadapan ribuan kader Gerindra, Prabowo menyampaikan sebagian pandangannya terkait lima program ekonomi itu. Ia mengutip proyeksi dari lembaga penyedia jasa auditor besar dunia yang menyatakan Indonesia akan menjadi negara keempat terbesar di dunia secara ekonomi pada 2050. 

Dalam pandangan Prabowo, menurut lembaga itu menyebut ekonomi Indonesia pada 2050 sejajar dengan China, India, dan Amerika Serikat. 

Namun, kata Prabowo, negara hanya kuat jika ekonomi rakyat juga diperkuat. 

Prabowo mengatakan tidak ada negara yang benar-benar bisa kuat jika mayoritas rakyatnya tak bisa menjangkau pendidikan, kesehatan, perumahan, ataupun pinjaman dana untuk usaha. Sedangkan terkait pendidikan, dia menyampaikan bahwa seluruh anak di Indonesia harus mendapatkan akses pendidikan dengan baik dan orang tuanya tidak perlu khawatir memikirkan sekolah anak-anaknya.

 "Anak-anak kita, setiap laki-laki dan setiap perempuan bisa tidur malam dengan nyenyak, tidak khawatir apa yang terjadi besok,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...